IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NAHWU SHARAF DI PONDOK PESANTREN MIFTAAHUL ‘ULUUM LAMPUNG

Nur Kholis

Abstract


Lemahnya penguasaan memahami literatur berbahasa arab bagi umat islam non arab merupakan kendala yang urgen untuk diatasi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya disebabkan tidak menguasai ilmu grmatika bahasa arab dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengimplementasian pendidikan nahwu sharaf di Pondok Pesantren Miftaahul ‘Uluum dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam pengimplementasian pendidikan nahwu sharaf di Pondok Pesantren Miftahul Uluum meliputi metode ma’nani, murodi, penjelasan gramatika, hafalan, penguatan dan sorogan dengan menggunakan kegiatan pengajian diniyah, syawir dan muhafadzah.

 


Keywords


Nahwu, Sharaf, Pondok Pesantren

References


Ahmad Bahrudin, Pondok Pesantren, dalam digilib.uinsby.ac.id/8995/5/BAB%20II.pdf diakses 28 Maret 2017

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro 2013

Godam, Daftar Bahasa Dunia yang menjadi Bahasa Resmi Internasional Oleh PBB, dalam http://www.organisasi.org/1970/01/daftar-bahasa-dunia-yang-menjadi-bahasa-resmi-internasional-oleh-pbb.html diakses 23 maret 2017

Irfan Hielmy, Pesan Moral dari Pesantren: Menigkatkan Kualitas Umat, Menjaga Ukhuwah, Bandung: Nuansa, 1999

M. Iqbal Dawami, Kontribusi Penerjemah di Zaman Keemasan Islam, dalam http://penulispinggiran.blogspot.co.id/2008/09/kontribusi-penerjemah-di-zaman-keemasan.html diakses 23 Maret 2017

Masjkur Anhari, Integrasi Sekolah Ke dalam Sistem Pendidikan Pesantren Surabaya: Diantama, 2007

Mujamil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi Jakarta: Erlangga, 1996

Nurul Aini, "Pesantren, Organisasi Modern Islam di Masa Penjajahan", dalam Darussalam Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial Martapura: Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam), Vol. 8, No.1, 2009

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa, 2008

Zainal Abidin, "Pesantren dan Transformasi Sosial: Memotret Peran Pesantren dalam Pembangunan Masyarakat Madani", dalam Media Nusantara, No.3, Bandung: LPPM Universitas Islam Nusantara, 2008

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Jakarta: LP3ES, 1985




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v9i1.2426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/scholarsteer.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..