KONTRIBUSI SPIRITUALITAS, SIKAP INOVATIF DAN KOMITMEN KERJA DOSEN TERHADAP PERILAKU AKADEMIK MAHASISWA TARBIYAH PADA IAIN LANGSA DAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Budiman Budiman

Abstract


Spiritualitas dosen PTAIN berkontribusi besar terhadap pembentukan perilaku akademik mahasiswa sebagai bagian dari kesuksesan pembinaan sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan-tantangan globalisasi. Pada sisi lain, sikap inovatif dosen dalam perkuliahan menjadi harapan setiap lembaga pendidikan tinggi. Namun penampilan pembelajaran yang monoton dari waktu ke waktu, karena merasa jenuh dan merupakan fenomena dalam praktik pembelajaran dosen, diduga sebagai dampak dari rendahnya sikap inovatif dosen dalam perkuliahan. Komitmen kerja dosen sebagai kekuatan yang bersifat relatif dalam mengidentifikasikan keterlibatan dirinya ke dalam bagian organisasi. Sikap ini dapat ditandai dengan tiga hal, yaitu: Pertama, kepercayaan yang kuat dan penerimaan terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi; Kedua, kesediaan untuk berusaha dengan sungguh-sungguh atas nama organisasi; Ketiga, keinginan yang kuat untuk mempertahankan keanggotaan di dalam organisasi.


Keywords


Spiritualitas, sikap inovatif, komitmen kerja, perilaku akademik

Full Text:

PDF

References


Aburdene, Patricia. Megatrends 2010, terj. Arfan Achyar (Jakarta: Transmedia, 2006.

Al-Ghazālī, ibn Muhammad, Muhammad, Abū Hāmid. Ma‘ārij al-Quds fī Madārij Ma‘rifah al-Nafs. Kairo: Maktabah al-Jundi, 1970.

Al-Tūsi," al-Dīn, Nāsir. Kitab Adab al-Muta'allimin,"diedit oleh Yahya al-Khassab, dalam Majallah Ma'hadal-Makhtutat al-Arabiyyah, vol. III. No. 2. November 1957.

Armstrong Michael dan Murlis, Helen. Manajemen Imbalan: Strategi dan Praktik Remunerasi, Buku Pertama, Edisi Indonesia. Jakarta: PT Gramedia, 2003.

Baltus, K. Rita. Personal Psychologyfor Life and Work. New York: McGraw-Hill Book Company, 1983.

Covey, R. Stephen. The 7 Habits of Highly Effective People. Ringkasan Padat oleh: Michael Gray. Terj. Sumargi Rahardjo. Wikipedia.com: 2008.

Feldman, S. Robert. Understanding Psychology. New York: McGraww-Hill Co., 1987.

Gibson, L. James. Management, Eds Sembilan. Jakarta: Erlangga, 1997.

Greenberg, Jerald., Robert, A. Baron. Behavior in Organizations, Fourth Edition. USA: Allyn and Bacon, 1993.

Ibn Jamā'ah, al-Dīn, Badr. Tazkirah al-Sāmi' wa al-Mutakallim fī Adab al-Alim wa al-Muta'allim, diedit oleh Abd. al-Amir Syams al-Dīn. Beirut: Dār Iqra', 1986.

Kartanegara, Mulyadhi. Menyibak Tirai Kejahilan; Pengantar Epistemologi Islam, Cet I. Bandung: Mizan, 2003.

Lee, Chris, The New Employment Contract. Training, Vol. 24, Iss. 2, December, 1987.

Long, J. Richard. Compensation in Canada: Strategy, Practice and Issue. Canada: International Thomson Publishing (ITP) Nelson, 1998.

Ma’arif, Syafi’i, Ahmad. “Pendidikan Islam dan Proses Pemberdayaan Umat”, Jurnal Pendidikan Islam, No. 1 Th.I/Oktober 1996.

Mubarok, Achmad. Konseling Agama Teori dan Kasus. Jakarta: Bina Rena, 2000.

Oppenheim, A.N. Questionare Design and Attitude Measurement. New York: Basic Books Inc., 1966.

Papalia E. Diane dan Oldes, Wendkos, Sally. Psychology. New York: McGraw-Hill Inc., 1985.

Rahmat, Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Sears, O. David., Freedman, L. Jonathan., Peplau, Anne, L. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga, 1992.

Syaikh, Saed, M. A Dictionary of Muslim Philosophy. Lahore: Institute of Islamic Culture, 1976.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.