KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LINGKUNGAN SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN HUMANISTIK DI SEKOLAH ADIWIYATA

Layly Atiqoh, Budiyono Saputro

Abstract


ISLAMIC EDUCATION CURRICULUM BASED ON ENVIRONMENT AS A REINFORCEMENT FOR HUMANISTIC EDUCATION IN ADIWIYATA SCHOOL. The main objectives of this study are to describe planning, development,   implementation, a success and special quality of Islamic education environment based curriculum on Adiwiyata school SMPN 6 & SMPN 7 Salatiga. The research method is qualitative research. This research was conducted at Adiwiyata school SMPN 6 & SMPN 7 Salatiga. The main subjects of this study are the headmaster, the school committee, the vice principal, areas of curriculum, Head of Adiwiyata, teachers, and students. The technique of collecting data is by observating, interviewing, and documenting. The results of this study are the school has been: (1) planning  the  Islamic  education  environment  based  curriculum  by conducting mapping of basic competencies to be an indicator, (2) carried out the development of the Islamic education environment based curriculum is integrated to the material and the   environment,  (3)   implemented   the   Islamic   education   environment based curriculum by creating an annual planning, communicating to other stakeholders and teachers design the implementation of learning and assessment, (4) the special quality of the students is that they care about the environment around as a strengthening of humanistic education.


Keywords


humanistic; environment; Islamic education

References


Andang. 2014. Kebijakan Kurikulum Reorientasi Pendidikan Nasional Melalui Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Malang: UMM Press.

Arifin, Zainal. 2014. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arifin, Muzayyin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, Erwati. 2013. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.

Dimyathi. 2016. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan di Sekolah Adiwiyata. Wawancara. Guru SMP Negeri 7 pada tanggal 26 September 2016.

Dokumen. 2013. Portofolio Sekolah Adiwiyata, SMP Negeri 6 Salatiga. Dokumen. 2016. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, SMP Negeri 7 Salatiga.

Gadung. 2016. Tantangan Sekolah Adiwiyata. Wawancara. Komite Sekolah SMP Negeri 7 Salatiga pada hari Kamis tanggal 21 September 2016.

Hamalik, O. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hanik, Umi. 2016. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan di Sekolah Adiwiyata.Wawancara. Guru SMP Negeri 6 pada hari Senin tanggal

September 2016.

Joga, Nirwana dan Yori Antar. 2009. Bahasa Pohon Selamatkan Bumi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Agama RI. 2011. Al-Qur‟an, Transliterasi dan Terjemahannya, Bandung: Syamil Qur’an.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Pembinaan Sekolah Menegah Pertama Derektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama, 2015.

Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Salatiga. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan di Sekolah Adiwiyata.Wawancara. Pada hari Selasa, 25 Oktober 2016.

Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Salatiga. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan di Sekolah Adiwiyata.Wawancara. Pada hari Rabu, 14 Desember 2016

Puskur dan Pembukuan. 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTS kelas VIII. Jakarta.

Kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011 Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.

Mangunjaya, Fahruddin M,. 2015. Konservasi alam dalam Islam, Obor Indonesia: Jakarta.

Manurung, Yupiter L. 2011. Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah (studi kasus SDN Panggung 04 Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah). Tesis tdak diterbitkan. Semarang: PPS Universitas Diponegoro.

Mulyana, R. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta. Putra, Nusa, dan Santi Lisnawati, 2013. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama

Islam,: Bandung, Remaja Rosdakarya.

Rohmatin. 2016. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan di Sekolah Adiwiyata.Wawancara. Guru SMP Negeri 6 pada hari Senin tanggal 7 November 2016.

Salim, Emil. 1979. Lingkungan hidup dan Pembangunan, Jakarta: Mutiara: Jakarta.

Shihab, M. Quraish. 2000. Secercah Cahaya Ilahi Hidup Bersama Al-Qur‟an, Bandung: Mizan.

Siahaan. 2004. Hukum lingkungan dan Ekologi Pembangunan. Jakarta: Erlan




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.