MENGEMBANGKAN KESADARAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS HUMANISME PENDIDIKAN AGAMA

Abdul Karim

Abstract


Meningkatnya kerusakan lingkungan hidup hutan dan ketidakjelasan solusinya menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jawaban  proses meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan  pendekatan Participation Action Research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan kesadaran melestarikan lingkungan hidup dilakukan  dengan mengembangkan  partisipasi melalui kegiatan kelompok  sebagai media komunikasi untuk   merumuskan  penyebab terjadinya  kerusakan lingkungan hidup, serta menemukan pemecahan masalah melalui pendidikanagama. Hambatan internal dalam mengembangkan kesadaran melestarikan lingkungan adalah latar belakang ekonomi, rendahnya  pemahaman masyarakat terhadap dampak  perusakan lingkungan hidup hutan, dan rendahnya  pemahaman agama.  Faktor eksternal meliputi provokasi dari luar daerah yang mempengaruhi masyarakat melakukan pengerusakan hutan, tingginya nilai jual, dan tersedianya pasar  yang memanfaatkan hasil pencurian. Solusi untuk mengembangkan kesadaran masyarakat adalah meningkatkan sikap humanisme melalui sosialisasi materi pelestarian lingkungan dan  pendidikanagama dengan pendekatan terpadu. 


Keywords


pengembangan kesadaran; lingkungan hidup; model peendidikan; partisipasi;

References


Burhan, Bungin. 2007. Analisis Data Penelitian Kualitatif.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cohen, J., Norman, M., Uphoff, T. 1977. Rural Development Participation Concepts Measure for Project Design, Implementation and Evaluation. New York: Cornell University, Rural Development Committee Centre for International Studies.

Marut, Don K. 2004. Riset Aksi Partisipatoris: Riset Pemberdayaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Insist Press.

Suharto, Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung: PT Refika Aditama, Cet; IV.

Handadhari, T. 2009. Kepedulian Yang Terganjal, Menguak Belantara Permasalahan Kehutanan Indonesia, Jakarta: PT Elex Media Komputindo-Kelompok Gramedia.

Nikmat, Harry. 2006. Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Bandung; Humaniora Utama Press.

Adi, Isbandi R. 2008. Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta: Rajawali.

Kadir, A., Muslim. 2003. Ilmu Islam Terapan Menggagas Paradigma Amali dalam Agama Islam. Diterbitkan atas kerja sama STAIN Kudus dengan Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kahveci, M. 2003. Instructional Interactivity Endeavor and Spiral, Boğaziçi University Journal of Education Vol.20 (1) 2003, hal 12-23, (Online) Tersedia: http://dl.aace.org/15587.

Keraf, S A. 2002. Etika Lingkungan, Jakarta: Penerbit BukuKompas.

Mikkelsen, B. 2003. Methods for Development Work and Research: A Guide for Practitioners, Penerjemah: Matheos Nalle, Metode Penelitian Partisipatoris Dan Upaya-Upaya Pemberdayaan, Sebuah Buku Pegangan bagi Para Praktisi Lapangan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Miles, Matthew B., Huberman, Michael A., 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: SAGE Publications, Inc.

Nusa Putra. 2009. Riset Partisipatori: Medode Pemberdayaan Masdrasah, Pesantren, dan Madrasah Dampingan PTAI. Jakarta: Kemenag RI Direktorat Jendral Pendidikan Islam dan Direktorat Pendidikan Islam.

Robin MC Taggard, 1991. Action Research: A Short Modern History,Victoria: Deakin University.

Senoaji, Gunggung, 2009. Kontribusi Hutan Lindung Terhadap Pendapatan Masyarakat Desa di Sekitarnya: Studi Kasus Di Desa Air Lanang Bengkulu. Jurnal Manusia dan Lingkungan, Vol. 16, No.l, Maret 2009: 12-22

Siahaan, NHT. 2007. Hutan, Lingkungan Dan Paradigma Pembangunan, Jakarta: Penerbit Pancuran Alam.

Stark, R., CY. Glock. 1992. Dimensi-dimensi Keberagamaan, dalam Roland Robertson (ed.)., Agama dalam Analisa dan Interpretasi Sosiologis, terjemahan Ahmad Fedayani. Jakarta: Rajawali Press.

Sulistya, P. 2006. Mendidik Generasi Muda dengan Pendidikan Lingkungan (Online). 2006.Tersedia:http://rafflesia.wwf.or.id/library/clips/clips-detil.php?id_clip=20.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.