INTERNALISASI KARAKTER NASIONALISME DALAM KEDIVERSITASAN ETNIS DI SEKOLAH DASAR ISLAM

Retno Wihyanti, Slamet Subiyantoro, Siti Sutarmi Fadhilah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pemaknaan sikap nasionalis dalam perwujudan yang islami di antara siswa-siswa yang memiliki etnis berbeda-beda di sekolah dasar berbasis agama islam. Sekolah yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah Sekolah Dasar Islam Diponegoro, Kota Surakarta. Siswa-siswa di sekolah tersebut mayoritas merupakan keturunan etnis Arab, sedangkan sisanya adalah etnis minoritas seperti etnis Jawa dan Madura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengamatan, wawancara mendalam, dan kajian literatur. Teknik pengamatan yang digunakan adalah pengamatan partisipasi pasif, sedangkan wawancara yang digunakan adalah jenis wawancara mendalam. Literatur yang menjadi bahan pengumpulan data adalah literatur dari jurnal nasional dan jurnal internasional. Analisis data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi budaya etnis yang beragam di Sekolah Dasar Islam Diponegoro memberikan tantangan sekaligus peluang bagi pihak sekolah untuk menanamkan nasionalisme dan watak islamiyah. Simpulan penelitian ini adalah keberagaman memberikan bekal nasionalisme yang mendasar karena prinsip-prinsip islamiyah tertanam dalam visi dan misi sekolah.

Keywords


multietnis, nasionalisme, pendidikan karakter,pendidikan islamiyah

Full Text:

PDF

References


Açikalin, M. 2010. New Approaches for Teaching Social Studies: Multicultural and Global Education. Jurnal Elementary Education Online, Vol. 9, No. 3: 1226-1237. doi:http://dx.doi.org/10.17051/io.83569

Badan Pusat Statistik. 2015. Mengulik Data Suku di Indonesia (Report No. ). Diambil dari https://www.bps.go.id/news/2015/11/18/127/mengulik-data-suku-di-indonesia.html.

Baig, A.B. 2015. Exploring the Contribution of Teaching and Learning Processes: Constructing Students’ Gender Identity in an Early Years Classroom of a Government Girls Primary School in Pakistan. Jurnal Journal of International Women’s Studies, Vol. 16, No.3: 1-15

Brandes, T.H. 2012. Separate And Different: Single-Sex Education And The Quest For Equality. Jurnal Israel Law Review, Vol.45, No.2: 235–266. doi:https://doi.org/10.1017/S0021223712000040.

Chasiyah, Chadidjah, & Legowo, E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Chen, S. & Lee, Y.A. 2015. Dancing with Ethnic Identities: An Aboriginal Dance Club in a Taiwanese Middle School. Jurnal International Journal of Multicultural Education, Vol. 17, No. 2: 20-35. doi:http://dx.doi.org/10.18251/ijme.v17i2.926.

Cihan, T. & Yildirim, A. 2014. Instructors' Perceptions of Social Interaction and Its Practical Reflections in Foreign Language Classes. Jurnal Elementary Education Online, Vol. 13, No. 3: 1033‐1048.

Cozby, P.C. 2009. Methods in Behavioral Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cresswell, J. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Diterjemahkan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Demir, S. & Kaya, A. 2008. The Effect of Group Guidance Program on the Social Acceptance Levels and Sociometric Status of Adolescents. Jurnal Elementary Education Online, Vol. 7, No. 1: 127-140. doi:http://dx.doi.org/10.17051/io.20311

D’hondt, F., Eccles, J.S., Houtte, M.V., & Stevens, P.A.J. 2016. Perceived Ethnic Discrimination by Teachers and Ethnic Minority Students’ Academic Futility: Can Parents Prepare Their Youth for Better or for Worse? Jurnal J Youth Adolescence, Vol. 45:1075–1089. DOI 10.1007/s10964-016-0428-z.

Geven, S., Kalmijn, M., & van Tubergen, F. 2016. The Ethnic Composition Of Schools And Students’ Problem Behaviour In Four European Countries: The Role Of Friends. Jurnal Journal of Ethnic and Migration Studies, Vol. 42, No.9: 1473-1495. doi:https://doi.org/10.1080/1369183X.2015.1121806.

Gibson, R.L. & Mitchell, M. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembangan suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Ed). Diterjemahkan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Irham, M. & Wiyani, N.A. 2014. Bimbingan & Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Juliardi, B. 2014. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Bandung: Alfabeta.

Kibui, A., Mwaniki, B., Gichuhi, L., Nyaga, G., Kahiga, R.W., & Ngesu. 2015. Multicultural Education as a Mechanism for Promoting Positive Ethnicity in Kenya. Jurnal International Journal of Scientific Research and Innovative Technology, Vol 2, No.3: 9-16.

Koonce, G.L. & Mayo, S.S. 2013. Effects of Elementary School Students’ Gender and Grade Level on Bullying. Jurnal American International Journal of Social Science, Vol. 2, No. 7: 16-25.

Li, Y. & Heath, A. 2017. The Socio-Economic Integration of Ethnic Minorities. Jurnal Social Inclusion, Vol. 5, No. 1: 1–4. DOI: 10.17645/si.v5i1.943.

Lin, Y. & Chen, Y.H. 2016. Primary School Teachers’ Guidance Role and Competencies in Taiwan. Jurnal International Journal of Education and Social Science, Vol. 3, No.9: 76-80.

McDonald, K.L., Malti, T., Killen, M., & Rubin, K.H. 2014. Best Friends’ Discussions of Social Dilemmas. Jurnal J Youth Adolescence, Vol. 43: 233–244. doi:https://doi.org/10.1007/s10964-013-9961-1.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 2007. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press.

Moleong, L.J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mufid, F. 2016. Spiritual Teaching dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Islam Tsamratul Huda Tahunan Jepara. Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 11, No.2: 253-276.

Muhsinin. 2013. Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2: 205-228.

Nida, F.L.K. 2013. Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, No.2: 271-290.

Putnam, J.W., Putnam, D.E., Jerome, B.E., & Jerome, R. 2011. Cross-Cultural Collaboration for Locally Developed Indigenous Curriculum. Jurnal International Journal of Multicultural Education, Vol. 13, No.2: 1-18.

Sadik, F. Çakan, H., & Artut, K. 2011. Analysis Of The Environmental Problems Pictures Of Children From Different Socio-Economical Level. Elementary Education Online, 10(3), 1066-1080. doi:http://dx.doi.org/10.17051/io.26202.

Setyaningsih, R. & Subiyantoro. 2017. Kebijakan Internalisasi Nilai Nilai Islam dalam Pembentukan Kultur Religius Mahasiswa. Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 12, No.1: 57-86.

Subianto, J. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, No.2: 331-354.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Sulthon. 2016. Membangun Kesadaran Berperilaku Siswa Madrasah dengan Penguatan Nilai-Nilai Spiritual. Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 2: 399-420.

Sutirto, T.W. 2000. Perwujudan Kesukubangsaan Kelompok Etnik Pendatang. Surakarta: Yayasan Pustaka Cakra.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda.

Vandello, J. 2016. Do We Need a Psychology of Women in The Islamic World? Jurnal Sex Roles, No. 75: 623–629. DOI 10.1007/s11199-016-0691-1.

Zamhari, M. & Masamah, U. 2016. Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakterdalamkitab Ta’limal-Muta’allim terhadap Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol.11, No.2: 421-442.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.2881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.