POTRET PENDIDIKAN INKLUSIF SD MUHAMMADIYAH SUMBEREJO, KECAMATAN KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Nugraheni Dwi Budiarti, Sugito Sugito

Abstract


SD Muhammadiyah Sumberejo adalah salah satu sekolah berbasis Islam dan juga merupakan sekolah inklusif di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Studi ini bertujuan untuk  mengungkap : 1) Dinamika  pendidikan inklusif SD Muhammadiyah Sumberejo,  2) interaksi sosial para siswa SD Muhammadiyah Sumberejo , dan 3) Kerjasama sekolah, orangtua dan masyarakat dalam pengembangan pendidikan  inklusif di SD Muhammadiyah Sumberejo. Penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pendidikan inklusif di SD Muhammadiyah Sumberejo secara formal dimulai saat sekolah ini dijadikan salah satu sekolah untuk uji coba terbatas pendidikan terpadu oleh Puslitjak Balitbang, Depdiknas pada akhir tahun 90-an bersama 6 sekolah lain di gugus SDN Karangmojo III, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Secara umum, sudah ada upaya dari sekolah agar tercipta  interaksi sosial yang baik antara siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus, namun kadang masih muncul praktik “eksklusif” dari siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus,  dan terjalin Kerjasama sekolah-orang tua-masyarakat yang membantu pengembangan pendidikan inklusif di sekolah misalnya dalam bentuk komunikasi dan sosialisas, komite bersama, dan kegiatan keagamaan bersama

Keywords


Pendidikan Inklusif, Sekolah Dasar, Interaksi Sosial Siswa , Kerjasama Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, Dina. 2016. Disability Inclusive Education in Indonesian Islamic Education Institutions, diakses dari http://globaldisability.org/2016/09/06/disability-inclusive-education-indonesian-islamic-education-institutions.

Akelo, Muga Celestine Awino. 2016. Influence of Socio-Economic Factors on Implementation of Inclusive Education In Public Elementary Schools in Rongo Sub-County, Migory County, Kenya. UNIVERSITY OF NAIROBIA : Research Project Submitted in Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree of Master of Education in Curriculum Studies.

Al-Aoufi, Hiam , Al-Zyoud, Nawaf & Shahminan, Norbayah. 2012. Islam and The Cultural Conceptualisation of Disability. International Journal of Adolescence and Youth,Vol. 17, No. 4, 205-219.

Alhassan, Awal Mohammed. 2014. Implementation of Inclusive Education in Ghanaian Primary Schools: A Look at Teachers` Attitudes. American Journal of Educational Research, Vol. 2,No. 3, 142-148.

Atta, Malik Amer, Shah,Mahmood, & Khan, M.Mumtaz. 2007. Inclusive School and Inclusive teacher. The Dialogue Journal, Vol. 4, No, 2, 272-284.

Budiyanto. 2006. Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Pendidikan Lokal: Studi Ppengembangan Model Pendidikan Inklusif Tingkat Sekolah Dasar di Surabaya. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Carrington, Suzanne B. &Macarthur, Jude. 2012. Teaching in Inclusive School Communities. Milton, Queensland : John Wiley&Sons, Ltd.

Direktorat Pendidikan Luar Biasa. 2004. Mengenal Pendidikan Terpadu. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Enots. 2016. Joyce Epstein’s School-Family Community Partnership Model. Diambil pada tanggal 9 Desember 2016 pukul 14.45 WIB, dari https://www.enotes.com/research-starters/ joyce- epsteins- school -family-community -partnership,

Epstein, Joyce L. & Salinas, Karen Clark. 2004. Partnering with families and communities. educational leadership. Schools as learning communities, 61,8, 12-18.

Fitriyah, Anis. 2017. Prevensi Bullying Siswa Dyslexia dalam Praktiknya di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal edukasia, Vol.12, No.1. 165-188.

Foreman, Phil. (Ed). 2008. Inclusion in Action.(2nd ed). South Melbourne, Victoria: Thomson.

Hadis, Fawzia Aswin. 2005. Toward Inclusive, Inclusive Education in Indonesia, a Country Report. Paper. Presented at Seisa University, Ashibetsuishi Hokkaido, Japan, 9 Juli 2005.

Ifdlali. 2010. PENDIDIKAN INKLUSIF (Pendidikan anak berkebutuhan khusus). Diakses dari http://dokumen.tips/documents/pendidikan-inklusi-55a3591e31fa9.html

Kementeriaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2014). Kebijakan Pengembangan Sekolah Ramah anak. Jakarta: Asisten Deputi Pemenuhan Hak Pendiikan Anak, Deputi Bidang Tumbuh Kembang, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Lebona, Teboho Godfrey. 2013. The Implementation of Inclusive Education in Primary schools in The Lejweleputswa Education District. Tesis, Free State: Central University of Technology.

Mangunsong,Farida. 2011. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jilid Kedua. Depok: LPSP3, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Mu’arif. 2012. Modernasisasi Pendidkan Islam: Sejarah dan Perkembangan Kweekschool Moehammadijah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Mukaffa, Zumrotul, Taufik, Huda, M.Nuril. 2017. Pengembangan Model Madrasah Inklusif (Studi Atas Kesiapan dan Model Pengembangan Kurikulum Madrasah Inklusif MI Al-Hidayah, Margorejo, Surabaya). Jurnal Edukasia, Vol. 12, No. 12, 1-30.

Semiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar (rev). Yufiarti, setiawan, T.I. (ed). Jakarta: Indeks.(Dicetak pertama kali tahun 2002).

Rayner, Steve. 2007. Managing Special and Inclusive Education. London: Sage Publications.

Schunk, Dale H., 2012. Learning theories : An Educational Perspective. (Teori-Teori pembelajaran: perspektif pendidikan). Edisi Bahasa Indonesia (Ed.6). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Smith, J.David. 2013. Sekolah Inklusif. (Terjemahan oleh Denis & Ny.Enrica). Sugiarmin, M. (Ed). Bandung: Nuansa Cendekia. (Buku asli diterbitkan Tahun 1998).

Stubbs, Sue. 200). Inclusive Education Where There are Few Resources (rev). Lewis, I (Ed). Diakses dari http://www.eenet.org.uk/resources/docs/IE%20few %20resources %202008. pdf.

Subijanto, 200). Pengembangan pendidikan terpadu di sekolah dasar. KTI Online (7 April 2009). Diakses dari http://www.ktiguru.net/mod/data /view.php?d=3&rid.

Sunardi. 2010. Kurikulum pendidikan luar biasa di indonesia dari masa ke masa. Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional.

UNESCO. 200). Tulkit LIRP, Merangkul perbedaan: perangkat untuk mengembangkan lingkungan inklusif, ramah terhadap pembelajaran. (Versi Revisi Indonesia) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, Braillo Norway, IDP Norway, Helen Keller Internasional. (Pertama diterbitkan tahun 2004).

Wahyuningsih, Sri. 2016. Inclusive Education for Person with Diasabilities. Qudus Internasional Journal of Islamic Studies, Vol. 4, Issue 1, 1-18.

Wang, Huei Lan. 2009. Should All Students with Special Educational Needs (SEN) Be Included in Mainstream Education Provision? - A Critical Analysis. Journal of International Education Studies, Vol. 2, No. 4, 154-161.

Zamroni. 2014. Percikan Pemikiran Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Ombak.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.2968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.