RESPON SISWA DAN GURU TERHADAP MODUL ETHNO-EDUTAINMENT DI SEKOLAH ISLAM TERPADU

Sekar Dwi Ardianti, Savitri Wanabuliandari, Sigit Saptono, Siti Alimah

Abstract


Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di SD IT Umar Bin Khattab diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran selama ini adalah buku dari pemerintah dan beberapa buku dari penerbit lain yang beredar di pasaran. Materi pembelajaran yang disajikan dalam buku tersebut belum mampu menggambarkan kondisi nyata di lingkungan sekitar khususnya daerah Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan modul ethno-edutainment pada siswa sekolah dasar berbasis islam di Kudus. Modul ethno-edutainment dikembangkan dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi.Tahap pengembangan modul ethno-edutainment meliputi tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan validasi produk, dan tahap uji coba produk. Pada tahap uji coba produk dilakukan kegiatan uji coba skala terbatas, dan uji coba skala luas. Uji kepraktisan dilakukan pada tahap uji skala luas dengan subjek penelitian siswa kelas IV di SD IT Umar Bin Khattab. Kepraktisan modul ethno-edutainment dinilai dengan menggunakan angket respon siswa dan wawancara terhadap guru.  Hasil respon siswa terhadap modul ethno-edutainment menunjukkan adalah 87,5% artinya siswa memberikan respon positif. Guru juga memberikan respon positif terhadap modul ethno-edutainment. Hasil ini mengindikasikan bahwa modul ethno-edutainment yang dikembangkan dinyatakan praktis untuk digunakan.

Keywords


respon siswa, guru, sekolah islam terpadu, modul, ethno-edutainment

References


Agustina, S., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. 2013. Peran Sekolah Islam Terpadu dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa (Study kasus di SDIT Permata Bunda Gedungmeneng Rajabasa Bandar Laampung) TP 2012/2013. Jurnal FKIP Unila. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/viewFile/771/484

Alfiriani, A., & Hutabri, E. Kepraktisan dan Keefektifan Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer. Jurnal Kependidikan. Vol. I, No. 1:12-23.

Ardianti, S.D. 2015. Pengaruh Modul Tematik Inquiry-Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Pembentuk Bioenergi. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. V, No.2.

Ardianti, S.D., Wanabuliandari, S. & Rahardjo, S. 2017. Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Melalui Model E-JAS dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. IV, No.1:1-7.

Ardianti, S.D., Pratiwi, I.K., & Kanzunnudin, M. 2017. Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. VII, No. 2:145-150.

Brata, I.B. 2016. Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Budaya Bangsa. Jurnal Bakti Sarawati. Vol. V, No. 1: 9-16.

Budiono, E., & Susanto, H. 2006. Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa uantitatif Untuk Soal-soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester 1 SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. IV, No. 2: 79-87

Hawi, Akmal. 2015. Sistem Full-Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus di Izzuddin Palembang. Jurnal Istinbath. Vol. XVI:71-87.

Hobri. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center of Society Studies Jember.

Izzati, N., Hindarto, N., & Pamelasari, S.D. (2013). Pengembangan Modul Tematik dan Inovatif Berkarakter pada Tema Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol II, No. 2: 183-188.

Pratiwi, I.K., Ardianti, S.D., & Kanzunnudin, M. 2018. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. VIII, No. 2: 177-182.

Rohman, M., & Mukhibat, M. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Sosio-Kultural Berbasis Etno-Religi Di MAN Yogyakarta III. Edukasia: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Islam. Vol. XII, No. 1:31-56.

Rosyidah, A.N., Sudarmin, S.S., & Siadi, K.K. 2013. Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif dalam Bahan Makanan untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal. Vol. II, No. 1: 133-139.

Sungkono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyatno. 2013. Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi, dan Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. II, No. 2: 355-377.

Syahroni, M. W., Dewi, N.R., & Kasmui, K. 2016. The Effect Of Using digimon (Science Digital Module) with Scientific Approach At TheVisualization of Students Independence And Learning Result. Jurnal Pendidik IPA Indonesia. Vol. V, No. 1: 116–122

Wanabuliandari, S., Ardianti, S.D., Saptono, S., Alimah, S., & Kurniasih, N. 2018. Edutainment Module based on Local Culture of Eastern Pantai Utara, Central Java Reviewed From Experts. International Journal of Engineering & Technology. Vol. VII, No. 2.14. Doi : 10.14419/ijet.v7i2.12.14684

Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan lokas Gusjigang Kudus Pada Siswa Slow learner. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching. Vol. VII, No. 1. Doi : http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2724.g1551

Wanabuliandari, S. 2016. Pengenalan Budaya Lokal Kota Kudus Melalui Pembelajaran Etnomatematika Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional: Implementasi Bimbingan dan Konseling pada Lembaga pendidikan Anak Usia Dini Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini. ISBN :978-602-1180-38-9, hal 40-53.

Wanabuliandari, S., Ardianti, S.,D., & Rahardjo, S. 2016. Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, Vol. V, No. 2:34-41. Retrieved from http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/1174/1014.

Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. A. 2018. Pengaruh Modul E-JAS Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. VIII, No. 1: 70-79. Retrieved from http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1248/795.

Wihyanti, R., Subiyantoro, S., & Fadhilah, S.S. 2018. Internalisasi Karakter Nasionalisme Dalam Kediversitasan Ethnis Di Sekolah Dasar Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. XIII, No. 1.

Yunus, R. 2013. Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. XIII, No.1: 67-79




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.