PENGEMBANGAN MATERI PAI BERWAWASAN MULTIKULTURAL DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI KERAGAMAN BAGI SISWA

Muhiddinur Kamal, Junaidi Junaidi

Abstract


THE DEVELOPMENT OF ISLAMIC EDUCATION ON MULTICUKTURAL  IN DEVELOPING THE DIVERSITY VALUE  Comprehensive understanding of multiculturalism by all components of the nation of children living in Indonesia is very important in building the life of nation and state. Therefore the application of multicultural education in schools becomes a demand considering the conflicts. One attempt to provide that understanding is to teach materials that are multicultural in school. This research is focused on multicultural PAI teaching materials. This study aims to develop PAI materials with multicultural insight as an effort to instill diversity values in SMKN 1 Ampek Nagari Agam district. This research includes development research. the development model used adapted from the McKenny Model. Research has resulted in PAI learning tools that are multicultural in the form of, RPP, and teaching materials that are valid, practical and effective.


Keywords


Multicultural, Teaching Material; Development; Diversity; Value

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT Syaamil Cipta Media, 2005.

Aly, Abdullah. Pendidikan Multikultural dalam Tinjauan Pedagogik (http://psbps.org

Baidhawy, Zakiyuddin, 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural (Jakarta: Erlangga,)

Banks James A. Multicultural Education Issues and perspectives, USA: Review of Research in Education, 1997

Dawam, Ainurrafiq . Emoh Sekolah “Menolak komersialisasi pendidikan dan kanibalisme intelektual manuju pendidikan multikultural“, (Yogyakarta, Inspeal Press ) 2003

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Cet. Ke 2, Jakarta, Rineka Cipta, 2005

James A. Bank. Handbook of Research on Multicultural Education (http://www.educati.

Mahfud, Chairul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007. Majid ,Abdul, dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001

Muslich, Masnur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Ngainun Naim dan Ahmad Syauqi, Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Nurdin, Arifin. Gagasan dan Rancangan Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural di Sekolah Agama dan Madrasah (http://www.dirjen.depag.ri.or.id

Parekh, Bikhu. Rethingking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory (http://www.educationworld.c

Permen No. 22 Tahun 2006, Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMA-MA-SMK-MAK. Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

Rahman, Abdul Shaleh. Pendidikan agama dan Keagamaan Visi, Misi dan Aksi, Jakarta: PT Gemawindu Panca perkasa, 2000.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2003.

Sanjaya,Wina, Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Cet. Ke 1, Jakarta, Kencana, 2008

Sardiman, Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar, cet. Ke 12, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2005

Sopiah. 2009. “Pendidikan multikultural dalam Islam”. http:/pendidikan multikultural dalam Islam. Di unduh tanggal 21 Januari 2015

Styles, Donna. Class Meetings: A Democratic Approach to ClassroomManagement2004(http://www.educationworld.com/a_curr/profdev012.shtm

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada ) 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2006.

Suparlan, Parsudi. Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural. (http://www.scripp.ohiou.edu/news/cmdd/artikel-ps.ht

Tilaar H.A, Multikulturalisme, Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo, 2004.

Tobroni, dkk, Pendidikan Kewarganegaraan; Demokrasi, HAM, Civil Society, dan Multikulturalisme (Malang: Pusat Studi Agama, Politik, dan Masyarakat, 2007

Wiriaatmadja, R. “Perspektif Multikultural dalam Pengajaran Sejarah”. (http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/10/pembelajaran-berbasi

Yaqin, Ainul, Pendidikan Multikultural, Cross Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Jogyakarta: Pilar Media, 2005

Zubaedi,“Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam dunia Pendidikan”, (Hermenia Vol.3 No.1, Januari-Juni, 2004).

Zuhairini dan Abdul Ghofir, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.