MANAJAMEN STRATEGIK REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI MA NAHDLOTUL MUSLIMIN UNDAAN KUDUS

Adri Efferi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen strategik rekrutmen peserta didik baru di MA Nahdlotul Muslimin Undaan Kudus. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif perspektif naturalistik (naturalistic inquiry). Penelitian ini berlangsung di Madrasah Aliyah Nahdlotul Muslimin Undaan Kudus. Adapun pertimbangan untuk memilih lokasi ini, karena merupakan lembaga pendidikan swasta yang memiliki peserta didik yang relative stabil pada setiap tahun ajaran baru, juga karena kemudahan akses untuk melakukan penelitian. Pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu: (1) Wawancara mendalam (indepth inteview); (2) Observasi partisipan (participant observation); dan (3) Studi dokumentasi (study of documentation). Dalam melakukan analisis data, peneliti melakukan analisis model interaktif yang dipelopori oleh Miles dan Huberman yaitu: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian ini mengungkap bahwa manajemen strategik yang dilakukan adalah, pertama dalam kegiatan PPDB dilakukan secara bersama dengan Madrasah Tsanawiyah karena satu yayasan. Kedua, murid kelas IX diberi kemudahan apabila mau melanjutkan ke MA, seperti proses pendaftaran, peluang beasiswa dan lain-lain. Ketiga, memanfaatkan kharisma kyai dan ulama pendiri yayasan, dan keempat, dalam hal rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan, mempetimbangkan juga faktor domisili, karena yang bersangkutan nantinya adalah kepanjangan informasi madrasah, khususnya pada saat PPDB.

Keywords


Manajemen Strategik, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Full Text:

PDF

References


Akdon. (2011). Strategic Management For Educational Management. Manjemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. (2012). Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Glueck, W.F., Jauch, L.R. 1988. Business Policy and Strategy Management. Singapore: McGraw Hill.

Hardiansyah (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media

Hendyat Soetopo dan Wasty Sumanto. (2013). Pengatar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hitt. M.A. Dkk. (2002). Manajemen Strategi (Daya Saing Dan Globalisasi). Jakarta: Penerbit Salemba.

Moleong J.L. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakary Offset.

Noeng Muhadjir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.

Sondang P. Siagian. (2013). Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Suryosubroto. (2014). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v14i1.4844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.