BUDAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS

Suriadi Adi Samsuri

Abstract


Artikel ini membahas tentang budaya sekolah dalam menumbuhkan karakter religius. Penelitian ini dilakukan di madrasah tsanawiyah Muhammadiyah Sejangkung Kabupaten Sambas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam menciptakan budaya sekolah dalam menumbuhkan karakter religius siswa. Penelitian ini terfolus padan (1) kurikulum, (b) pembinaan kesiswaan, c) pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan dalam menumbuhkan karakter. Penelitian ini didesain dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini yakni kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, serta beberapa orang siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembiasaan nilai-nilai seperti nilai religius, dengan program yang terintergrasi dengan kurikulum (1) qur’an kampus camp, (2) pembiasaan membaca quran sebelum proses pembelajaran di mulai, (3) pembiasaan kultum setelah shalat asar, kejujuran dan kesederhanaan, pengelolaan peserta didik dan pengeloaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, akan menumbuhkan karakter siswa, baik cerdas emosional, dan spiritualnya.


Keywords


Budaya Sekolah, Karakter, Religius

References


Daftar Pustaka

A.Michael Huberman, Matthew B. Miles 1994. Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Methodes, C.A.Sage. Newbury Park.

Aan Komariah, Djama Satori, 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Balitbang. Pedoman Pengembangan Kultur Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat Pendidikan Dasar Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Bambang Q-Anees dan Adang Hambali, 2008. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1996. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemendiknas, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Balitbang.

Koesoema, D.A. 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak Di ZaMTs Global (Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kusno, Joko Purwanto, dan Makhful, 2004. Model Pendidikan Karakter Religius Berbasis Pada Pengetahuan Matematika Sekolah, Jurnal Nasional Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Law, L. S. Khan, M.A.2015. An integrative approach to curriculum development in higher education in the USA: A theoretical framework, International Education Studies.

Ngainum Naim, 2012. Character Building, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prima Veronika, Budhi Setiawan, Nugraheni Eko Wardani, Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa (Materi Tembang Dolanan) Berbasis Pendidikan Karakter Religius Dalam Kurikulum 2013, Jurnal El-Harakah, Vol.19 No.1 Tahun 2017.

Satori, Djam’an. https://dondysukma.wordpress.com/arsip/thesis/teori-mbs-dan-MTsajemen-kurikulum/, diakses pada tanggal 19 Agustus 2019.

Sidi Gazalba, 1985. Asas Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Suparno P, SJ. Dkk. 1991. Reformasi Pendidikan: Sebuah Rekomendasi, Kanisius. Yogyakarta, 2010.

Thomas Lickona, Thomas. Educating For Character, New York: Bantam.

Undang-Uandang Sisidiknas No 20. Tahun 2003 Tentang Sisitem Pendidikan Nasional.

Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural, Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v15i1.6442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpg

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.