MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA YANG TOLERAN

Muhsinin Muhsinin

Abstract


Fokus dari tulisan ini adalah penerapan pendidikan karakter yang didasarkan pada nilai-nilai Islam. Pendidikan karakter berdasarkan Islam artinya pendidikan karakter yang mana komponennya mencakup pengetahuan moral,  perasaan tentang moral,  dan perbuatan moral. Moral-moral tersebut dijajaki dan dikembangkan berdasarkan nilai-nilai  Islam.  Penerapan pendidikan karakter ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang islami dan  toleran.  Penelitian  ini menggunakan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter membutuhkan  keseriusan, pembiasaan,  dan   pembudayaan tentang nilai-nilai.

Kata kunci: pendidikan, karakter, nilai-nilai, Islam, akhlak, Islami

Abstract

 

CHARACTER EDUCATION MODEL BASED ON ISLAMIC VALUES TO  CREATE THE  ISLAMIC AND  TOLERANT STUDENTS’ CHARACTER.  The  focus    of this  writing  is  the implementation  of character education that is based on Islamic values. Character education based on Islam means character education which their components include moral knowledge, moral sense and moral action.  Those morals  are explored  and developed  based  on Islam values. The implementation  of character education aims to establish an Islamic students’ character and tolerant. This study  uses library research. The result of this study is the implementation  of character education needs seriousness, habituation, and civilizing the values.

Keywords:  character, education, Islami, values, Islamic, character


Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaludin dan Fuat Nashori Suroso. 1995. Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berkowitz, Marvin W. and Melinda C. Bier. 2004.

Research Based Character Education. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science 2004 Force Academy and a professor of psychology at Marquette University.

Hitipeuw, Immanuel dan Raka Joni. 2010. Wawasan Pendidikan Makro Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang

Lickona, Thomas. 1994. Raising Good Children, New York. Used by permission for one year from Random House. pp. 11-15, A Bantam Book.

Lickona, Thomas dkk. (tt). Eleven Principles of Effective Character Education.

Megawangi, Ratna. 2007. Character Partenting Space. Read! Publising House Bandung: Mizan

Ryan, Kevin. 2002. The Six E’s of Character Education, Center for the Advancement of Ethical and Character.

Sekretariat Diktoral Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.2011. Mencari Karakter Terbaik dari Belajar Sejarah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Sekretariat Diktoral Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.2011. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Supriadi, Djudjun Djaenudin. 2009. Kerohanian dan Karakter BPK PENABUR. Jakarta. No. 25 THN. VII Tabloit Edisi Maret - April 2009

Supriadi, Djudjun Djaenudin. 2009. Program Pendidikan Karakter di Lingkungan BPK Penabur. Jakarta. No. 25 THN. VII Tabloit Edisi Maret - April 2009

Suryabrata, Sumadi. 1998. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

UUSPN No 20 Tahun 2003, Jararta: Diknas

Q-Anees, Bambang dan Adang Hambali. 2008. Pendidikan Karakter berbasis Al-Qur’an. Bandung: Simbiosa Rekatama.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpg

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.