DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DITINJAU DARI DIMENSI POLITISASI PENDIDIKAN DAN EKONOMI

Sulthon Sulthon

Abstract


Tulisan ini berupaya menelaah tentang dinamika pengembangan kurikulum ditinjau  dari  dimensi politisasi   pendidikan dan ekonomi. Kurikulum sebagai bagian dari faktor penting dalam pendidikan memiliki   posisi strategis dalam  mewarnai dan menentukan kualitas output pendidikan.  Hitam putihnya kualitas  pendidikan  sesungguhnya sangat  ditentukan  oleh eksistensi kurikulum tersebut. Dalam pelaksanaannya,  kajian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menuntut keteraturan, ketertiban dan kecermatan dalam berpikir, tentang hubungan datta yang satu dengan data yang lain dan konteksnya dalam masalah yang akan diungkapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan kurikulum diperlukan setiap saat karena kurikulum akan selalu merespon perkembangan dalam  kehidupan, baik  perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi, perkembangan sosial dan budaya, dan perkembangan politik. Di samping itu, dalam perkembangannya kurikulum harus memperhatikan unsur peserta didik,  satuan pendidikan, masyarakat,  dan peranan pengembang kurikulum terutama guru.  Peserta didik sebagai obyek kurikulum harus mendapat prioritas utama dalam pengembangan kurikulum.

Kata kunci: dinamika, pengembangan, kurikulum, politisasi

THE DYNAMICS OF  CURRICULUM DEVELOPMENT IN TERMS OF POLITICIZATION DIMENSIONS OF EDUCATION AND  ECONOMY.  This  paper  attempts to examine  about the changing dynamics of the curriculum in terms of the dimensions of the politicization of education and economics. Curriculum  is as an important factor in education has a strategic position in coloring and determining the quality of educational output. The black-and-white of education quality is determined by the existence of the curriculum. In its implementation, this study uses qualitative  research. Qualitative research requires regularity,  order  and precision  in thinking about the relationship of the data each other and its context in the problem that will be revealed. The results of this research show that any change of the curriculum is required at any time due to the curriculum will always respond to developments in life, both development  of science and technology,   social  and cultural  development,  and political developments. In addition, the curriculum should pay attention to the elements of the learners, education, society, and the role of curriculum developers  especially teachers. Learners  as an object of curriculum should get top priority in the development of the curriculum.

 Keywords:  dynamics, development, curriculum, politicization,


Full Text:

PDF

References


Dakir, 2004. Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Depdiknas. 2005. Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 14

tahun 2005 tentang undang-undang guru dan dosen. Jakarta:

Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPS UPI.

. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Harsono, Eko Budi. 2004. Undang-undang tentang Pendidikan Agama Islam. Tersedia di http://www.suarapembaruan.com/ news/2004/01/10/kesra/ke02. htm. Diakses pada Tanggal 5

Juni 2015.

Ibrahim & Kayadi. 1994. Pengembangan Inovasi dalam Kurikulum, Jakarta: UT Depdikbud.

Ihsan, Hamdani dan A. Fuad Ihsan. 2007. Filsafat Pendidikan Islam.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Sumantri, Mulyani. 1988. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Proyek

LPTK.

Mulyasa. 2005. Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: PT.

Remaja Rodakarya.

Nasution. 1984. Dasar-Dasar Kurikulum, Jakarta: Pustaka Nasional. Oliva, P. 1992. Developing The Curriculum 3nd ed. New York: Harpers

Collin Publisher,

Purkey, W.W. 2003. Self-Concept and School Achievement. Englewood liffs, NJ: Prentice Hall.

Reddy, S.K. 1992. Educational and Psychological Measurement: Effects of Ignoring Correlated Measurement Error In Structural Equation Models, Sage Published, Educational

and Psychological Measurement, 1992. 52:549 Do1. 10.

/00131264492052003005.

Sukmadinata, Nana Syaudih. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran

Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Pengembangan Kurikum; Teori dan

Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

. 2009. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja

Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.