MANAJEMEN KURIKULUM BIDANG PENELITIAN DI STAIN KUDUS

Nurul Hikmah

Abstract


Penelitian tentang pengorganisasian kurikulum bidang penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Tujuannya untuk (1) menjelaskan perencanaan kebijakan kurikulum bidang penelitian, (2)  mendeskripsikan  silabi kurikulum bidang penelitian,  dan (3)   mendeskripsikan satuan  acara  perkuliahan kurikulum bidang penelitiandi STAIN Kudus. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: (1) perencanaan kurikulum 2008 STAIN Kudus menggunakan pendekatan dengan polaintegrated  curriculum, (2)  Silabi  ketiga mata kuliah serumpun bidang penelitian itu berbeda secara jelas dari aspek ruang lingkupnya, (3) Satuan acara perkuliahan untuk ketiga mata kuliah rumpun bidang penelitian disusun dengan komponen kode mata kuliah, kelompok jenis mata kuliah, program studi, strata kesarjanaan, bobot sistem kredit semester, tatap muka empat belas kali, waktu sesuai bobot kredit, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, metode pembelajaran, sistem penilaian, serta bahan dan sumber belajar.

Kata kunci : kurikulum, penelitian, STAIN Kudus

 

CURRICULUM MANAGEMENT OF RESEARCH  IN STAIN KUDUS. Research on organizing curriculum in area of research uses a qualitative approach. The goal is to (1) describe the policy planning

 

 

curriculum  research  field,  (2)  describe the  curriculum  syllabus  of research areas, and (3) describe the event lecture curriculum unit area of research at STAIN Kudus. The results of his research as follows: (1) curriculum planning 2008 of STAIN Kudus uses integrated curriculum approach, (2) the syllabus of three subjects allied fields of study that differs clearly from the aspect of its scope, (3) Units event lecture for three courses grove area of research compiled by the component  code of subjects, types of courses, programs of study, undergraduate scholarship, the weight of credit semester system, face to face fourteen times, time according to the weight of the credit, the standard  of competence, basic competence, indicators, materials  principal, teaching methods, assessment systems, as well as materials and learning resources.

 Keywords: curriculum, research, STAIN KUDUS


Full Text:

PDF

References


Buku Pedoman Akademik Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri

Kudus.

De Vos. 1987. Pengantar Etika (terjemahan) Soejono Soemargono.

Yogyakarta: Tiara Wacana.

Denzin, Norman, K and Lincold, Yvonna S. 2000. Handbook of Qualitative Research (Second Edition). California: Sage Publication, Inc.

Matthew, Miles B, dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif.

Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia. McMillan, James H and Sally Schumacher. 2001. Research In Education

A Conceptual Introduction. San Francisco: Longman.

Moleong, Lexy, J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Nasution, S,. 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT. Citra Aditya Bakti.

Nasution, S,. 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Poedjawiyatna. 1985. Etika : Filsafat Tingkah Laku. Jakarta:Rineka

Cipta.

Praja, Juhaya S. 1997. Aliran-aliran Filsafat dan Etika. Bandung: Tiara.

Robbins, Stephen P. 2008. Perilaku Organisasi (Edisi Kesepuluh).

Terjemahan Benyamin Molan. Indonesia: Indeks.

Rofiq, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.

Salam, Burhanuddin. 2000. Etika Individual: Pola Dasar Filsafat

Moral. Jakarta: Rineka Cipta.

Satmoko, Retno, Sriningsih. 1999. Landasan Kependidikan :

Pengantar ke Arah Ilmu Pendidikan Pancasila. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Soetopo, Henyat dan Soemanto, Wasty. 1986. Pembinaan dan

Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Bima Aksara. Subandijah. 1996. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Sudarminta. 1991. Filsafat Proses: Sebuah Pengantar Sistematika

Filsafat Alfred North Whitehead. Yogayakarta:Kanisius. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Suseno, Franz Magnis. 1987. Etika Dasar. Yogyakarta:Kanisius. Tilaar, HAR. 1999. Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani

Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2000. Total Quality

Manaaagement. Yogyakarta:Penerbit Andi

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Vembriarto, St,. 1993. Pengantar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.