MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN PAI

Miftahurrohmah Miftahurrohmah

Abstract


Model  evaluasi pembelajaran  harus  senantiasa ditingkatkan kualitasnya, tidak hanya pada proses belajar mengajar di kelas saja. Model  evaluasi pembelajaran  akan meningkatkan kualitas belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pembelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar mata kuliah Model  Belajar  Mengajar Pendidikan Islam dan untuk mengetahui peran antar  variabel yaitu   proses  pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran  pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap output pembelajaran mata mata kuliah Strategi Pembelajaran  pendidikan Agama Islam (PAI). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa  Tarbiyah Jurusan Pendidikan Islam, STAIN  Kudus  yang  berjumlah 152  orang.  Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data  dilakukan   dengan  menyebarkan angket dan analisis menggunakan   Structural  Equation  Model (SEM). Hasil  penelitian   ini  menunjukkan bahwa pengaruh  proses pembelajaran  mata kuliah Strategi Pembelajaran  PAI terhadap output  pembelajaran  mata kuliah strategi pembelajaran  PAI dapat diterima. Dan proses pembelajaran mata  kuliah strategi pembelajaran  pendidikan  Agama Islam (PAI) memiliki pengaruh besar terhadap output pembelajaran mata mata kuliah Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI).

Kata kunci: model, evaluasi, pembelajaran, pendidikan,  PAI.

EVALUATION MODEL ON  “STRATEGI  PEMBELAJARAN PAI” TEACHING. Teaching evaluation model should be improved, not only its teaching and learning process. Teaching evaluation model improve the teaching and learning quality. This research aims to test the process of learning and teaching subject lesson of process of learning and teaching Islamic Education model and to know the analysis result of variables. They are teaching and learning process of subject ‘Strategi Pembelajaran PAI’ (Learning Strategy of Islamic Education).  The subjects in this research were Tarbiyah Department students on Islamic Education  Major of Kudus State Islamic College. The subjects in this study taken by using random  sampling  technique. They were 152 students. The data collection conducted by disseminating questionare. The analisis used Structural Equation Model (SEM). Then, the result of research showed that the influence of teaching and learning process to the output  was received and the process of learning and teaching had good influence to the learning and teaching output.

Keywords: model, evaluation, learning , education islam


Full Text:

PDF

References


Aman. 2009. Kajian Model-Model Evaluasi Program Pendidikan.

Laporan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu

Sosial dan Ekonomi, Unversitas Negeri Yogyakarta. Arikunto, S. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya

Mardapi. D. 1999. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi. Makalah disampaikan pada Penataran Evaluasi Pembelajaran Matematika SLTP untuk Guru Inti Matematika di MGMP SLTP tanggal 8–23 Nopember 1999 di PPPG Matematika Yogyakarta.

. 2000. Evaluasi Pendidikan. Makalah disampaikan pada

Konvensi Pendidikan Nasional tanggal 19–23 September

di Universitas Negeri Jakarta.

. 2003. Desain dan Penilaian Pembelajaran Mahasiswa.

Makalah disajikan dalam Lokakarya Sistem Jaminan Mutu Proses Pembelajaran, tanggal 19 Juni 2003 di universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Stufflebeam, L.D. dan Shrinkfield, J. 1985. Systematic Evaluation: A Self– instructional Guide to Theory and Practice. New York: Kluwer Nijhoff Publishing.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sururi. 2008. Model Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Disertasi.

Tidak di publikasikan. Yogykakarta: Program Pascasarjana

Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Widoyoko,S.E.P. 2007. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran

IPS SMP. Yogyakarta: PPS UNY.

Zamroni, 2005. Mengembangkan Kultur Sekolah Menuju Pendidikan yang Bermutu. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Mengembangkan Kultur Sekolah di Yogyakarta pada tanggal

Nopember 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.