EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Ismanto Ismanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Melalui  library research, evaluasi diketahui dengan  menggunakan pengukuran informasi dan informasi hasil penilaian. Hasilnya diukur dengan memberikan skor (angka). Kemudian, skor tersebut dinilai dan ditafsirkan oleh aturan tertentu untuk menentukan tingkat kemampuan pribadi. Selain itu, hasil dari proses penilaian ini selanjutnya dievaluasi untuk menentukan tingkat pencapaian pribadi atau terprogram. Secara umum, ada dua teknik penilaian pendidikan,  yaitu tes dan  non-tes.  Berdasarkan hasil  penelitian   kualitatif  dengan memanfaatkan sumber berupa data atau dokumen, penelitian ini menggambarkan  bagaimana persiapan instrumen berdasarkan kognitif, afektif, dan psikomotor  evaluasi domain. Suatu set tes dan non-tes yang baik sebagai pengukur prestasi harus memiliki kriteria;  validitas, kepraktisan, kehandalan,  dan   ekonomi. Selanjutnya, analisis tes yang sesuai pada evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdiri dari tingkat kesukaran soal atau indeks kesulitan, daya pembeda, analisis pengecoh, analisis homogenitas item soal, dan efektivitas fungsi opsi.

Kata kunci: Pendidikan  Agama Islam (PAI), belajar,evaluasi

EVALUATION OF LEARNING RESULT ON ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION:  IDEALS AND  REALITY:  This study was conducted to know the studying result evaluation of Islamic Religious  Education.  The  evaluation  used  by using  information measurement  and asessment  result  information.   Through  library research, the result was measured by giving scores (number) then the score was assessed and interpreted by the rules to determine personal ability  level.  Moreover, the result of the  assessment  process is next evaluated to determine the personal or programmed achievement level. Generally, there are two educational  assessment techniques, namely test and non-test. This qualitative study used some data or document. Afterward, this study described how the preparation of the instrument, based on cognitive, affective, and psychomotor evaluation domains. A set  of good  tests  and non-tes  as achievement  measurer  should have these criteria; validity,  practicability, reliability, and economy. Furthermore, the analysis of test items which is appropriate for Islamic Religious Education  learning evaluation  consists of difficulty index, discriminating power, spieler analysis, item homogeneous analysis, and optional functioning effectiveness.

Keywords: Islamic Religious Education, learning outcome evaluation



Full Text:

PDF

References


Allen, M.J. dan Yen, W.M. 1979. Introduction to Measurement Theory.

Monterey: Wardsworth, Inc.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip-Teknik-Prosedur.

Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

.2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta

: Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Sigma

Alpha.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pembelajaran.

Gregory, R.J. 2007. Psychological Testing. History, Principles, and

Application. New York: Pearson Education, Inc.

Gronlund, N.E. 1985. Measurement and Evaluation in Teaching. New

York : Mc Millan Publishing Co., Inc.

Hill, R.B. 1997. The Design og an Instrument to Assess Problem Solving Activities in Technology Education. Journal of Technology Education. Vol. 9, no. 1.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Bidang Madrasah. 2013. Pedoman Penyelenggaraann Pendidikan Madrasah.

Kartowagiran, Badrun. 2008. Validasi Dimensionalitas Perangkat

Tes Ujian Akhir Nasional SMP Mata Pelajaran Matematika

- 2006. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor

, Tahun XII, 2008, hal. 177-195.

Kemendiknas. 2010. Renstra Depdiknas 2010-2011. Jakarta Pusat:

Pusat Kurikulum, Balitbang.

Kerlinger, F. N. 1986. Foundation of Behaviour Research. Halt-Rinehart and Winston, Inc.

Mardapi, Djemari. 2002. Bukti Kesahihan dan Keandalan Alat Ukur: Tanggapan atas Artikel ”Tes Keterampilan Olahraga Judo bagi Mahapeserta didik”. Jurnal Kependidikan, 1, 111 – 121.

. 2009. Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Dasar Berbasis Standar Nasional. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 13, Nomor 2, hal. 227-245.

. 2012. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan.

Yogyakarta: Nuha Medika.

Marrinawati, Rina. 2013. Penerapan Strategi Self Assessment dalam Pembentukan Karakter Peserta didik pada Pembelajaran Fiqih di Kelas XI IPA MAN Yogyakarta III. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Mehrens, W.A. and Lehmann, I.J. 1991. Measurement and Evaluation in Education and Psychology. California: Wadsworth/ Thomson Learning.

Nitko, A. J. 1996. Educational Assessment of Students, New Jersey : Englewood Cliffs.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun

tentang Standar Penilaian Pendidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purnomo, Edy dan Sudji Munadi. 2005. Evaluasi Hasil Belajar dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Menengah Kejuruan. Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Thn. XXIV, No. 2, hal. 259-272.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sax, G.1980. Principles of Educational and Psychological Measurement

and Evaluation. Belmont California: Wads Worth Pub.Co.

Stufflebeam, D. L., et al. 1971. Educational Evaluation and Decision

Making. Bloomington, IN: Phi Delta Kappa.

Subali, Bambang. 2010. Penilaian, Evaluasi,dan Remediasi Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Jurusan Biologi Fakultas MIPA.

Wahab, Rochmat. 2005. Anak Berbakat Berprestasi Kurang (The Underachieving Gifted) dan Strategi Penanganannya. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Widayati Catharina Sri Wahyu. 2009. Komparasi Beberapa Metode Estimasi Kesalahan Pengukuran. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 13, Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.