DIMENSI KEBERHASILAN PENDIDIKAN ISLAM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN

Ahmad Fatah

Abstract


Pendidikan islam semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan eksistensi Sekolah   Islam,  khususnya Madrasah Ibtidaiyyah yang membuka program tahfidz. Dalam penelitian  ini, peneliti menganalisis (1)  Bagaimana pelaksanaan  pendidikan Islam di MI Tahfidz Al-Qur’an  Krandon Kudus?; dan (2)  Bagaimana keberhasilan pendidikan Islam di MI Tahfidz Al-Qur’an Krandon Kudus, yang di dasarkan pada tahfidz (penghafalan) Al-Qur’an?. Penelitian  kualitatif ini menggunakan beberapa metode dalam memperoleh datanya. Yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan Islam di MI Tahfidz Al-Qur’an Krandon Kudus menggunakan beberapa metode, yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi atau eksperimen, resitasi dan drill; (2) keberhasilan pendidikan Islam di MI Tahfidz Al-Qur’an Krandon Kudus, yang di dasarkan pada tahfidz (penghafalan ) Al-Qur’an dibuktikan dengan  prestasi siswa dan terwujudnya lingkungan masyarakat  yang mendukung pembelajaran  di pesantren dan madrasah.

Kata kunci: Keberhasilan, Tahfidz, al-Qur’an, pendidikan, islam

ANALYSIS OF THE SUCCESS DIMENSIONS OF ISLAMIC EDUCATION IN MI TAHFIDZ AL-QUR’AN KRANDON KUDUS. Islamic education always develops. It can be seen from the existence  of islamic  school, especially Islamic  Elementary   Schools (MI) which have tahfidz (learning Qur’an by heart)  program. In this research, the researcher analysed (1) how is the implementation of islamic education in MI Tahfidz Al-Qur’an Krandon Kudus?; and (2) how is the success of islamic education  in MI Tahfidz Al-Qur’an Krandon  Kudus?. This qualitative  research used some methods  to get data.  Those are observation, interview, and documentation. The result showed that (1) the implementation of islamic education in MI Tahfidz Al-Qur’an  Krandon  Kudus used  some  methods,  like observation,  discussion,  asking  and answering ,  demonstration   or experiment, recitation and drill; (2) the success of islamic education in MI Tahfidz Al-Qur’an Krandon Kudus is proved by the students’ achievement and the environment which supports the teaching and learning process in pesantren and islamic schools.

Keywords: Success, Tahfidz, Al-Qur’an, education, islam


Full Text:

PDF

References


Al-Ainaini, Ali Khalil Abu. 1980. Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi

Al-Qur’an al-Karim. Mesir: Dar al-Fikr al-Arabi.

Al-Asfahani, Al-Raghib. Mu’jam Mufradat Alfadz Al-Qur’an, Dar al- Katib al-Arabi.

Ali, A. Mukti. 1971. Pelbagai Persoalan Islam di Indonesia Dewasa ini.

Yogyakarta: Yayasan Nida, Cet. II.

Al-Jumbulati, Ali. 1994. Perbandingan Pendidikan Islam. Terj. H.M.

Arifin. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama. 1995. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra.

Dhofir. 1992. Sekolah Al-Qur’an di Jawa. Jurnal Ulum Al-Qur’an, Vol.

III, No. 4.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Falah, Ahmad. 2010. Aspek-Aspek Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ide

Press.

Hajar, Ibnu. 1996. Dasar-dasar Metodologi Pembahasan Kuantitaif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasan, Chalidjah. 1994. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Surabaya:

al-Ikhlas.

Komariah, Aan dan Cepi Triatna. 2005. Visionary Leadership Menuju

Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara,.

Madjid, Nurcholis. 1987. Islam, Kemodernan dan Keindonesiaan.

Bandung: Mizan, Cet I.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, Cet. XIV.

Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, Cet. VIII.

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhit, Saekhan. 2009. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail.

Rahardjo, Dawam. 1996. Ensiklopedi Al-Qur’an Tafsir Sosial

Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina. Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suparlan, Parsudi. 1993. Pengantar Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Majalah Media Edisi 14 tahun III. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

Bandung: Remaja Rosakarya.

Ulwan, Abdullah Nasih. 1975. Tarbiyatul Aulad fi al-Islam, Beirut: Dar as-Salam.

Ziemek, Manfred. 1986. Pesantren dalam Perubahan Sosial. Jakarta: P3M, Cet. I.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.