PENILAIAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA

Andi Nurwati

Abstract


Penilaian tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar. Untuk memperoleh keterampilan  berbahasa yang baik,  maka penilaian psikomotorik  siswa dalam proses belajar mengajar perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian psikomotorik  siswa dengan menggunakan  metode library research. Hasilnya menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar psikomotor atau keterampilan harus mencakup persiapan, proses, dan produk. Ketiganya harus seimbang. Penilaian dapat dilakukan pada saat proses berlangsung yaitu pada waktu peserta didik melakukan praktik, atau sesudah proses berlangsung dengan cara mengetes peserta didik. Sebagai alternatif, tes pragmatik adalah tes untuk kompetensi psikomotorik yang ditawarkan. Tes tersebut adalah dikte,  berbicara, pemahaman parafrase, jawaban pertanyaan dan teknik cloze.

Kata kunci: keterampilan berbahasa, penilaian psikomotorik, proses belajar mengajar

Assessment cannot be separated from teaching and learning process. For having  good language  skills, psychomotoric  assessment  should be used. The purpose of this study was knowing the psychomotoric assessment  in language teaching. This  study  used  library  research method. The result showed that assessment of psychomotoric learning result or the  skills should  cover preparation,  process, and product. These three points dhould  be balanced. The assessment can be done when they have teaching and learning process. The appropriate  time is when students practice or after the students having learning process by testing them. As the alternatives, pragmatic test is offered. It is for measuring  the students’ psychomotoric competence. Those tests are dictation,  understanding   parafrase,  answering  question  and cloze technique.

 Keywords:  language skill, psychomotoric assessment, teaching and learning process


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 1991. Evaluasi Instruksional, Prinsip, Teknik, Prosedur.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Brown, Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.

Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Buttler, F. Coit. 1972. Instructional System Development for Vocational and Technical Training. Educational Technology Publication Inc. New Jersey: Englewood Cliffs

Domjan, Michael. 2005. The Essentials of Conditioning and Learning.

Third Edition. Canada: Thomson Wadsworth.

Edwardes, HN. 1981. Bagaimana Membantu Orang Belajar

Keterampilan. Padang: FPTK –IKIP Padang.

Goetz, P.W. 1981. The New Encyclopedi Britanica. Vol. 10, 15th. ed.

Chicago: William Benton Publisher.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan

Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasan, Alwi, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan. Nasional Balai Pustaka.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran

Bahasa. Bandung: UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Klein, Stephen B. 2002. Learning : Principles and Applications. Fourth

Edition. New York: McGraw Hill.

Mardapi, Djemari. 2003. Penyusunan Tes Hasil Belajar. Yogyakarta: UNY.

Mills, H.R. 1977. Teaching and Training. London: The Macmillan

Press, Ltd

Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Evidence and Practice. Second Edition. London: Sage Publication.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan

Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ryan, D.C. 1980. Characteristics of Teacher. a Research Study: Their Description, Comparation, and Appraisal. Washington, DC: American Council of Education.

Singer,R.N. 1972. The Psychomotor Domain: Movement Behavior.

London: Henry Kimton Publisher.

Sudjana, Nana. 1991. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Sinar Baru.

Walter. 2010. Pengaruh Terapi Kelompok Teraupetik terhadap Perkembangan Industri Anak Usia Sekolah di Panti Sosial Asuhan Anak Kota Bandung Tahun 2010. Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.

Winkel, WS. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.