PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT M. AT}IYAH AL-ABRA>SYI DALAM KITA>B AT-TARBIYAH AL-ISLA>MIYYAH WA FALA>SIFATUHA

Ahmad Falah

Abstract


Kajian ini mendeskripsikan pemikiran pendidikan Islam  Al Abras> yi dalam kitab> At Tarbiyah Al-Islam> iyyah wa Falas> ifatuha dan relevansinya dengan konsep pendidikan kekinian yang meliputi tujuan, metode, kurikulum, dan  juga menyangkut pendidik dan anak didik sangat relevan dengan pendidikan dewasa ini. Pendekatan dalam peneltian ini adalah penelitian kepustakaan. Al-Abra>syi    adalah seorang cendekiawan,  tokoh pendidikan, ulama dan seorang guru besar yang hidup pada abad XX di Mesir. Pemikirannya tentang pendidikan Islam banyak dipengaruhi oleh pemikiran Ibnu Sina, Imam al-Ghazali dan Ibnu Khaldun. Hasil dari kajian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam memang mengutamakan pendidikan akhlak yang merupakan ruhnya, tetapi tidak mengabaikan  masalah mempersiapkan  seseorang untuk hidup, mencari rizki dan tidak pula melupakan pendidikan jasmani, akal, hati, kemauan, cita-cita, keterampilan tangan, lisan dan kepribadian.

Kata kunci: pendidikan Islam, al Abra>syi, Kita>b at-Tarbiyah al- Isla>miyyah wa Fala>sifatuha

THE ISLAMIC EDUCATION THOUGHT ACCORDING TO M. At}iyah AL-Abra>syi IN AL-TARBIYAH AL-ISLA>MIYYA WA FALA>SIFATUHA. This study aims to describe the Al Abra>syi Islamic educational thought  in the book At Tarbiyah  Al-Islamiyyah wa Falasifatuha and relevance to the educational concept of the present. The thinking of M. At}iyah al-Abra>syi in al-tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha book about education that includes the purpose, methods, curriculum, and also concerns to the educators and students are very relevant to education today. The approach of this study is library research. Al-Abra>syi was a scholar, an education personage, scholars and a great teacher who lived in the XX century in Egypt. His thoughts on the Islamic education thought much influenced by Ibn Sina, al- Ghazali and Ibn Khaldun. The result of this study show that Islamic education was indeed prioritizes the morals education which is their true meaning, but not neglecting the issue prepare a person for life, seeking rizqi nor forget the physical education, intellect, heart, will, goals, skills, and personality.

Keywords: Islamic  education,  al Abra>syi,  Kitab at-Tarbiyah  al- Islamiyya wa Falasifatuha.


Full Text:

PDF

References


Achmadi. 1992. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

al-Abra>syi, Athiyyah. 1974. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. (terj) H.Bustami A.Ghani dan Johar Bahri L.I.S, Jakarta: Bulan Bintang.

. 1975. at-Tarbiyyah al-Islamiyyah Wafalasafatuha, Cairo: Isa

Babi al-Halabi.

. 1996. Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam, terj. Syamsuddin

Asyrofi, dkk. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.

. 1961. al-Tarbiyah fi al Islam. Kairo: al Majlisu al-A’la li al suuni al-Islamiyah.

Barnadib, Imam. Dan Barnadib, Sutari Imam. 1996. Beberapa Aspek

Substansial Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset.

Bisri, Cik Hasan. 1998. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi: Bidang Ilmu Agama Islam. Ciputat: Logos Wacana Ilmu.

Bisri, Cik Hasan. dan Rufaidah, Eva. 2002. Model Penelitian Agama dan

Dinamika Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cardola, Carlo. 1982. Religions and Societies. Amsterdam: Asia and The

Middle East Mounton Publishers.

Darajat, Zakiyah. 1993. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hadi, Sutrisno. 1993. Metodologi Research. Yogyakarta: Jilid I. Langgulung, Hasan. 1986. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa

Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Langgulung, Hasan. 1987. Asas-asasPendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Moleong, Lexy J. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhadjir, Noeng. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mulkhan, Abdul Munir. 1993. Paradigma Intelektual Muslim PengantarFilsafatPendidikan Islam dan Dakwah. Yogyakarta: Sipress.

Poerwadarminta, W.J.S. 1999. KamusUmumBahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Qutb, Muhammad. tt. Minhaj al-Tarbiyah al-Islamiyah, Mesir: Dar-al- Qalam.

Rosyadi, Khoiron. Pendidikan Profetik, Yogyakarta: PustakaPelajar. Salam, Burhanuddin. 2000. Etika Individual: Pola Dasar Filsafat Moral.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sulaiman, Fahtiyah Hasan. 1964. Bahs al-Madzhab al-Tarbawi “Inda al- Ghazali. Mesir: MaktabNahdah.

Surakhmad, Winarno. 1972. Dasar dan Teknik Research. Bandung: Tarsito.

Zainuddin. 1991. Seluk Beluk Pendidikan dari al-Ghazali, Jakarta: t.p.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.