IMPLEMENTASI DAN PERAN CSR TERHADAP KEPERCAYAAN ANGGOTA BMT FASTABIQ PATI

Fita Usria

Abstract


Tulisan ini membahas tentang implementasi CSR di BMT Fastabiq Pati serta peranannya  terhadap  kepercayaan anggota. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik  pengumpulan  data dengan  observasi, wawancara  dan dokumentasi. Untuk mengetahui implementasi kegiatan “Corporate Social Responsibility   (CSR)”  yang  diselenggarakan  di BMT Fastabiq Pati, mulai dari alasan dan tujuan penyelenggaraanya, langkah-langkah,   pelaksanaan,  proses  evaluasi,  serta  peranan CSR terhadap kepercayaan anggota. Penelitian ini menghasilkan bahwa adanya pelaksanaan kegiatan CSR di BMT Fastabiq Pati sejalan dengan prinsip Triple Botton Line (TBL) serta berdampak positif dalam meningkatkan kepercayaan anggota.

Kata Kunci: CSR , Kepercayaan,  BMT Fastabiq.

THE IMPLEMENTATION AND ROLE OF CSR TOWARD MEMBER’S TRUST IN BMT FASTABIQ PATI This article discusses about the implementation of CSR in BMT Fastabiq Pati and its influence toward members’ trust. Using qualitative approach, this applied data collection methods of observation, interview, and documentation.   This  is also  to understand  its implementation, including  reasons, goals, steps, application,  evaluation  and the role of CSR. Result shows implementation  of CSR is inaccordance with the principles of Triple Bottoon Line (TBL) and has positive impact to the members.

Keywords: CSR , Trust, Implementation.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Nana Herdiana. (2013) Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Adjie Habib ( 2008) Status Badan Hukum, Prinsip-Prinsip dan Tanggung Jawab Sosial Perseroan Terbatas. Bandung : CV Mandar Maju.

Donni Juni Priansa, Buchari Alma ( 2009) Manajemen Bisnis

Syariah. Alfabetta : Bandung.

Djakfar Muhammad. (2007) Etika Bisnis dalam Perspektif Islam.

Malang: UIN Malang press.

Djati S. Pantja, “Pentingnya Karyawan dalam Pembentukan Kepercayaan Konsumen Terhadap Perusahaan Jasa, studi Kajian dan Proposisi”, Jurnal Manajemen.

Hadi Nor.2011.Corporate Social Responsibility.Yogyakarta : Graha

Ilmu

Hafiez Sofyani, Ihyaul Ulum, Daniel Syam, dan Sri Wahyuni. (2012) “Islamic Social Reporting Index sebagai Model Pengukuran Kinerja Perbankan Syariah Studi Komparasi Indonesia dan Malaysia”, Jurnal Dinamika Akuntansi, Vol 4

Kertajaya Hermawan. (2006) Syariah Marketing. Bandung : PT Mizan Pustaka.

Mowen John. (2004) Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga. Moleong Lexy. (1991) Metodologi Penelitian Kualitatif.

Bandung:Remaja Rosda Karya.

Ramadania. (2001) ”Kepercayaan dan Komitmen Sebagai Perantara Kunci Relationship Marketing dalam Membangun Loyalitas (Survey pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Surabaya)”. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, Vol 2 No

Januari

Reza Rahman. (2006) CSR Antara Teori dan Kenyataan.

Yogyakarta: Med Press

Sudarsono Heri. (2002) Konsep Ekonomi Islam, Yogyakarta: Ekonisia.

Syafi’I Antonio Muhammad. (2001) Bank Syariah Dari Teori Ke

Praktik. Jakarta : Gema Insani.

Saifuddin Azwar. (1998) Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka

Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v7i2.1091

Copyright (c) 2016 IQTISHADIA

Iqtishadia Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/isjd.jpg

Creative Commons License
Iqtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats