Peran Bank Indonesia, Dewan Syariah Nasional, Badan Wakaf Indonesia dan Baznas dalam Pengembangan Produk Hukum Ekonomi Islam di Indonesia

Bambang Iswanto

Abstract


Perbankan Syariah merupakan ikon ekonomi syariah yang menjadi referensi dan pendorong tumbuh kembang produk hukum ekonomi Islam di Indonesia.Dalam era reformasi terdapat institusi-institusi lain yang memiliki peran penting dalam mendorong lahirnya hukum ekonomi Islam seperti Bank Indonesia, Dewan Syariah Nasional, Badan Wakaf Indonesia, dan Badan Amil Zakat Nasional.Eksistensi BI yang independen sehingga tidak dapat diintervensi pihak lain dalam mengeluarkan produk hukum. Selain BI, institusi-institusi lainnya yang berperan dalam pengembangan ekonomi Islam di Indonesia adalah Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI yang memiliki otoritas untuk mengeluarkan fatwa-fatwa terkait ekonomi Islam.Sampai dengan tahun 2016 DSN telah mengeluarkan fatwa sebanyak 100 fatwa. Selain itu, Badan Wakaf Nasional Indonesia (BWI) juga merupakan institusi yang diharapkan perannya untuk mengakomodir gerakan wakaf di Indonesia melalui dorongan dan usulan regulasi sehingga menjadi lebih efektif dan produktif dan berkontribusi bagi pembangunan dan perkembangan ekonomi syariah itu sendiri.  


Keywords


Bank Indonesia; Dewan Syariah Nasional; BWI; Hukum Ekonomi Islam

References


Alsayyed, N. (2010). Shari‟ah Board, The Task of Fatwa, and Ijtihad in Islamic Economics and Finance, MPRA Paper, 16-30.

Amin, M. (2011). Era Baru Ekonomi Islam Indonesia: Dari Fikih ke Praktek Ekonomi Islam. eLSAS, Depok.

Amin, M. (2011). Fatwa Dalam Sistem Hukum Islam. eLSAS, Jakarta.

Balala, M.H. (2011). Islamic Finance and Law: Theory and Practice in a Globalized World. I.B Tauris, London.

Choudhury, M.A. (2000). Regulation in The Islamic Political Economy. J.KAU: Islamic Econ, 12, 19-33.

Clark , B. (1998). Political Economy: A Comparative Approach, Praeger, London.

Direktorat Pengembangan Zakat dan Wakaf. (2006). Proses Lahirnya Undang-undang no 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf, Jakarta.

Haggard, S.and Kaufman, R.R. (1996). The Political Economy of Democratic Transitions.Princeton University Press, New Jersey.

Hakim, C.M. (2011). Belajar Mudah Ekonomi Ekonomi Islam: Catatan Kritis Terhadap Dinamika Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia, Shuhuf Media, Pamulang.

Lane, J.E. dan Redissi, H. (2009). Religion anad Politics: Islam and Muslim Civilization. Ashgate Publishing Company, Burlington.

Lindsey, T. (2012). Between Piety and Prudence: State Syariah and the Regulation of Islamic Banking in Indonesia. The Sydney Law Review.

Suma, M.A. (2006). Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional: Sistem, Konsep Aplikasi dan Pemasaran. Kholam Publishing, Ciputat.

Uzaifah. (2010). Manajemen Zakat Pasca Kebijakan Pemerintah Tentang Zakat Sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak. Jurnal Ekonomi Islam La Riba, IV, 60-75.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v9i2.1738

Copyright (c) 2016 IQTISHADIA Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam

Iqtishadia Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/isjd.jpg

Creative Commons License
Iqtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats