ANALISIS HERMENEUTIK ATAS PEMIKIRAN YUSUF QARDHAWI TENTANG HADITS-HADITS EKONOMI

Sutopo Sutopo

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Yusuf Qardhawi dalam kitab As-Sunnah Mashdaran li Al-Ma’rifah wa Al-Hadlarah khususnya tentang hadits-hadits ekonomi. Artikel ini adalah hasil kajian pustaka dengan menggunakan paradigma deskriptif kualitatif. Untuk menganalisis, penulis menggunakan hermenutika sebagai metode untuk memahami teks yang dipaparkan oleh Yusuf Qardhawi. Analisis linguistik dan analisis konsep sangat membantu dalam kajian ini. Dalam kitabnya, Yusuf Qardhawi mengemukakan konsep-konsep yang berorientasi pada bagaimana kesejahteraan ekonomi, dan keadilan sosial bisa diperoleh dan dirasakan bersama. Yusuf Qardhawi menolak konsep pengumpulan harta sebanyak-banyaknya dan keuntungan sebesar-besarnya yang dianut oleh sistem ekonomi konvensional.

   

Kata Kunci: Hadits-hadits Ekonomi, Konsep Ekonomi Islam, Metode Hermenutika    

HERMENEUTICAL ANALYSIS OF YUSUF QARDHAWI’S CONCEPT OF HADITH OF ECONOMY

Abstract

This article attempts to analyze Yusuf Qardhawi’s thought in his book -Sunnah Mashdaran li Al-Ma’rifah wa Al-Hadlarah especially about hadith of economy. This is a library research using descriptive-qualitative approach. In doing the analysis, hermeneutics is used as textual analysis method, to understand the thought of Yusuf Qardhawi. Linguistic and content analyses are useful. In his book, Yusuf Qardhawi explained his concepts on achievement of economic welfare and social justice for everyone. He rejected conventional system which aimed at collecting wealth and profit.

Keywords:  Hadiths of Economy, Concept of Islamic Economy, Hermeneutics     

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Amin dkk. (2000). Mencari Islam: Studi Islam dengan Berbagai Pendekatan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Al Khuraisyi, Sulaiman bin Shalih. (2003). Pemikiran Yusuf Al Qardhawi dalam Timbangan. Bogor: Pustaka Imam Asy Syafi’i.

Al Qardhawi, Yusuf. (1997). Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta: Gema Insani Press.

Al Qardhawi, Yusuf. (1998). As-Sunnah sebagai Sumber IPTEK dan Peradaban, terj. Setiawan Budi Utomo. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Anto, MB.Hendrie. (2003). Pengantar Ekonomika Mikro Islam, cet.I. Yogyakarta: Ekonisia.

Barnadib, Imam. (1997). Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode, cet.IX. Yogjakarta: Andi Offset.

Dahlan, Abdul Azis. (2001). Ensiklopedi Hukum Islam, Jakarta: PT. Ikhtiar Baru van Hoeve.

Karim, Adiwarman. (2003). Bank Islam: Analisis Fikih dan Keuangan, cet.I. Jakarta: IIIT.

Karim, Adiwarman (ed.), (2001). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: IIIT.

Mannan, M. Abdul. (1995). Teori dan Praktek Ekonomi Islam, terj. M. Nastangin. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v8i2.957

Copyright (c) 2016 IQTISHADIA

Iqtishadia Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/isjd.jpg

Creative Commons License
Iqtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats