TRANSAKSI DALAM TEORI EXCHANGE BEHAVIORISM GEORGE CASPAR HOMANS (PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH)

Muhammad Eka Machmud

Abstract


Artikel ini membahas tentang teori pertukaran yang disampaikan oleh George C. Homans. Dalam teorinya, Homans menekankan pada biaya dan imbalan karena manusia dalam berinteraksi selalu memperhitungkan apa yang diberikan dan apa yang didapat. Inti teori pertukaran yang disampaikan oleh Homes terletak pada proposisi-proposisi tentang dua pihak yang terlibat dalam interaksi. Masing-masing proposisi menjelaskan tentang pertukaran sosial yang terjadi dalam proses interaksi. Dengan menggunakan meotde deskriptif analisis, artikel ini juga melihat relasi antara teori Homes dengan konsep cost and reward dalam sistem ekonomi Islam khususnya pada transaksi murabahah.     

Keywords: Teori Pertukaran, biaya dan imbalan, Ekonomi Islam

 

TRANSACTION AND GEORGE C HOMANS’ THEORY OF EXCHANGE BEHAVIORISM (ISLAMIC ECONOMIC PERSPECTIVE)

 

Abstract

This article analyzes theory of exchange behaviorism by George C. Homans from Islamic economic perspective. Homans in Exchange Behaviorism concerns about cost and reward because in interaction people mostly concern about cost and reward obtained. The core of Homans exchange behaviorism theory lies in the collection of the propositions regarding two individuals or more who interact each other. Each of which the proposition provides an explanation of the form of social exchange that happens. Using descriptive analytic, this article tries to seek Homans’ theory and its relation with the concept of cost and reward in Islamic economy perspective especially in murabahah system.

Keywords: Exchange Behaviorism, Cost and Reward, Islamic economy


Full Text:

PDF

References


Dwi Susilo, Rachmad K. (2008). 20 Tokoh Sosiologi Modern: Biografi Para Peletak Sosiologi Modern. Yogyakarta: AE-RUZZ Media.

Johnson, Doyle Paul. (1990). Sociological Theory: Classical Founders and Contemporary Perspective. Terj. Robert M.Z. Lawang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Munandar, Aris. (2011). Pengertian Jual Beli. www.pengusahamuslim.com diakses 5 Januari 2016.

Nurhayati, Sri; Wasilah. (2008). Akuntansi Syariah di Indonesia Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Poloma, Margaret M. (2010). Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Purdue, William D. (1986). Sociological Theory. Palo Alto. California: Mayfield Publishing Company.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. (2008). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ritzer, George & Douglas J. Goodman. (2009). Teori Sosiologi Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: PT Kreasi Wacana.

Ritzer, George. (2012). Teori Sosiologi dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widodo, Sugeng. (2010). Seluk Beluk Jual Beli Murabahah Perspektif Aplikatif. Yogyakarta: Asgard Chapter.

Zamroni. (1992). Pengantar Pengembangan Teori Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v8i2.959

Copyright (c) 2016 IQTISHADIA

Iqtishadia Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/isjd.jpg

Creative Commons License
Iqtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats