Konsep Diri Dan Pengaruhnya Terhadap Kenakalan Remaja Pada Siswa SMK Negeri I Rembang

Agus Retnanto

Abstract


Remaja yang sedang dalam proses transisi sering dalam keadaan yang tidak stabil dan belum matang sepenuhnya. Kenakalan remaja menunjukkan kondisi yang membahayakan. Tujuan Penelitian adalah: (1) Ingin mengetahui konsep diri siswa di SMK N I Rembang Tahun Pelajaran 2014/2015 (2) Ingin mengetahui sikap perilaku kenakalan remaja pada siswa di SMK N I Rembang Tahun Pelajaran 2014/2015 (3) Ingin mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kenakalan remaja pada siswa di SMK N I Rembang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian yang penulis lakukan termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rumus yang dipakai untuk menganalisis hasil dari pengumpulan data penelitian di atas dalam penelitian ini adalah rumus Analisis Regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Persentase rata-rata angket konsep diri menunjukkan 80,8%. Artinya konsep diri siswa menunjukkan kategori tinggi/baik, (2) Persentase angket kenakalan remaja menunjukkan 81,3%. Artinya kenakalan remaja siswa dalam katagori agak rendah, (3) F hitung = 192,56 > F tabel 5% (1; 47) = 4,05 artinya antara variabel X (konsep diri) dan variabel Y (kenakalan remaja) berpengaruh secara signifikan pada taraf 5%. Maka hipotesis penelitian yang berbunyi: Ada pengaruh positif yang signifikan konsep diri terhadap  kenakalan remaja pada siswa SMK N I Rembang tahun pelajaran 2014/2015, diterima karena teruji kebenarannya, besarnya pengaruh 81,1%.


Full Text:

PDF

References


Abraham, Amit. 2007. Mengupas Kepribadian Anda. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer.

Anwar, Saifuidin. 2000. Pengukuran Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dirga Gunarsa, Singgih. 1990. Psikologi Remaja. Jakarta: Rineka Cipta

Hadi, Sutrisno. 1987. Metodologi Research Jilid 3. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.Yogyakarta.

Hadi, Sutrisno. 1995. Statistik II. Yogyakarta: Andi Offset.

Hajar, Ibnu. 1996. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hutagalung, Inge. 2007. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: PT. Indeks

Jawa Pos. 20 November 2014. Mampir Warung Empat Pelajar Diamankan Semarang.

Kartono, Kartini. 1992. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Grafindo Persada.

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marppiare, Andi. 1982. Psikologi Remaja. Jakarta: Usaha Nasional

Nasir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Gralia Indonesia.

R. Fraenkel, Jack & Norman E. Wallen. 1993. How To Design And Evaluate Research In Education. New York: McGraw-Hill Inc.

Rahmad, Jalaluddin. 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Santosa, Singgih. 2001. SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Subana, M. dkk. 2000. Statistik Pendidikan.. Bandung: Pustaka Setia

Sudarsono. 2001. Kenakalan Remaja. Jakarta: Remaja Cipta.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sujana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Transito.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Posdakarya.

Wibisono, Yusuf. 2005. Metode Statistik. Yogyakarata: Gajah Mada University Press.

Winarsunu, Tulus. 2004. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press (Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang).

Wirawan Sarwono, Sarlito. 2003. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v1i1.4432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: