Keterampilan Berpikir (Mind Skills) Pada Proses Konseling: Kajian Dalam Perkembangan Kognitif Neurosains

Khilman Rofi Azmi

Abstract


Perkembangan dalam keilmuan psikologi dan bimbingan konseling adalah indikator berkembangnya kajian keilmuan yang signifikan. Salah satu issue/ problem konselor terbesar adalah praktik konseling. Konseling sebagai “jantung” dari tugas dan tanggungjawab konselor memiliki tiga keterampilan dasar kebutuhan, yaitu keterampilan komunikasi, keterampilan bertindak, dan keterampilan berpikir. Keterampilan berpikir adalah proses mental sentral dengan enam aspek yang menciptakan: (1) aturan; (2) persepsi; (3) Self Talk; (4) gambar visual; (5) penjelasan; (6) harapan. Keterampilan berpikir dibuktikan oleh peneliti untuk meningkatkan kualitas konseling dan fokus untuk mengelola pikiran superconscious. Tulisan ini mencoba menghubungkan antara keterampilan berpikir dengan aktivitas otak dalam perspektif ilmu saraf. Proses keterampilan berpikir berhubungan dengan neuroscientific notions dari kontrol kognitif kemudian melewati sintesis di mana subfraksi kortikal prefrontal dorsolateral dan anterior berinteraksi dengan korteks interoceptive (cingulate dan insula) untuk meningkatkan kecakapan berpikir.   Artikel ini  menggunakan kajian studi literatur sebagai metode penelitian dengan mengeksplorasi dan mengkaji beberapa literatur: buku, jurnal, disertasi, e-book, dan beberapa kasus yang terjadi di masyarakat.

Kata kunci: keterampilan berpikir, cognitive neuroscience, development


Full Text:

PDF

References


Azmi. 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Mind Skills Dalam Konseling Dengan Model Experiential Learning Untuk Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Negeri Malang

Blakemore. 2013. Thinking: The new science of decision making, problem solving, and prediction (The Adolescent Brain). New York: Harper Perennial

Dawson, T.L. 2008. Metacognition and Learning in Adulthood. Northampton

Fleming & Dolan. 2012. The neural basis of metacognitive ability. Journal of Medicine, May 19; 367(1594): 1338–1349. US National Library of Medicine National Institutes of Health

Gladding, S. 2009. Keterampilan dalam Konseling. Jakarta: Pustaka Belajar

Hidayah, N. 2009. Process-Audit dalam Penyelenggaraan Pendidikan Akademik S1 Bimbingan dan Konseling. Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang

Hidayah, N. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Mengembangkan Mind Competence Calon Konselor. Laporan penelitian. Tidak dipublikasikan. Malang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat UM

Johnson, M. 2005. Developmental Cognitive Neurroscience: 2nd edition.Victoria :Blackwell Publishing

Jones, R.N. 2003. Basic counseling skills: A Helper’s Manual. London: Sage Publications

Jones, R.N. 2005. Introduction to counseling skill. London: Sage Publications

Joni, T.R. 2008. Resureksi Pendidikan Profesional Guru. Malang:LP3 Univeristas Negeri Malang

Joni, T.R, dkk. 2008. Penajaman Keterampilan Konseling, Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan

Naning, R. 2012. Internalisasi Keterampilan Berfikir pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang

Radjah, C. 2012. Metakognisi Konselor dalam Kegiatan Layanan Konseling di Sekolah,. Desertasi. Tidak Dipublikasikan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang

Shimamura A. P. 2008. A neurocognitive approach to metacognitive monitoring and control. In Handbook of memory and metamemory: essays in honor of Thomas O. Nelson (eds Dunlosky J., Bjork R., editors. ), pp. 373–390 New York, NY: Psychology

Simon, M. 2008. Penerapan Model Experiential Learning sebagai Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Coping Self Talk bagi Calon Konselor. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang

______(online). Prefrontal Brain Picture. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/ab/Prefrontal_cortex.png diakses 21Nopember 2015

Zemrome. 2012. Mentacognitive Attention Control. (online).http://www.frontiersin.org/files/Articles/58635/fpsyt-04-00173-HTML-r1/image_m/fpsyt-04-00173-g002.jpg. diakses 21 Nopember 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v2i1.4461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: