Hubungan Antara Self Efficacy Dan Social Support Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Akhir Penyusun Skripsi Di FIP UNNES Tahun 2019

Kiki Anggun Saputri, DYP Sugiharto

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan social support dengan tingkat stress pada mahasiswa akhir penyusun skripsi di FIP UNNES tahun 2019. Permasalahan yang mendasari dari penelitian ini adalah terjadinya beberapa fenomena di FIP UNNES. Fenomena-fenomena tersebut berhubungan dengan tingkat stres menyusun skripsi. Banyak mahasiswa yang mengalami stres karena kesulitan dalam menentukan judul skripsi, dosen pembimbing sibuk, kesulitan menemukan sumber-sumber yang relevan dan kurangnya dukungan dari orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan dua alat pengumpul data yaitu skala pikologis dan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dan social support dengan tingkat stress. Hasil penelitian ini juga bermanfaat bagi Jurusan dan Fakultas dalam menyusun kebijakan-kebijakan akademik serta pendukung lainnya yang dapat menekan laju tingkat stres serta meningkatkan self efficacy dan social support mahasiswa.


References


Agung, A. G., & Santi, B. M. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dengan Tingkat Stres Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Penelitian Psikologi, 17 (2), 1-6.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman and Company.

Feist, J., & Feist, J. (2010). Teori Kepribadian (Edisi 7). Diterjemahkan Sjahputri. Jakarta : Salemba Humanika.

Gunawati, R. H. S., & Listiara. (2006). Hubungan antara Efektivitas Kominikasi Mahasiswa-Dosen Pembimbing Utama Skripsi dengan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. 3 (2), 93-115.

Hasan, A. B. (2008). Pengantar Psikologi Kesehatan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maramis, W.F. (2009). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sarafino, E. P., & T.W Smith. (1994). Health Psychology: Biopsychosocial and Interaction. United States of America: John Wiley & Sons.

Sarafino, E. P., & T.W Smith. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions Seventh Edition. New York: John Wiley & Sons.

Sarafino, E. P., & T.W Smith. (2012). Health Psychology : Biopsychosocial Interactions Ed. 7th. Canada: Jhon Wiley & Sons.

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. (terjemahan). Jakarta: Gramedia Widia.

Shofiyanti, N. Z. (2014). Kemampuan Mengelola Stres Akademik pada Mahasiswa yang sedang Skripsi Angkatan 2009 Program Studi PGPAUD. Zuama. 17 (2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Tamara, J., & Chris, A. (2018). Hubungan Stres dengan Prestasi Akademik di SMA Diakonia Jakarta. Tarumanegara Medical Journal. 1 (1), 116-121.

Weidner, G., Kohlmann, C. W., Dotzauer, E., & Burns, L. R. (1996). The effects of academic stress on health behaviors in young adults. Anxiety, stress, and coping, 9(2), 123-133.

Zakaria, D. (2017). Tingkat Stres Mahasiswa Ketika Menempuh Skripsi. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v3i2.6010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.