Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI SMA Gajah Mada Gondomanan, Yogyakarta

abi apriyadi

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa SMA Gadjah Mada Gondomanan, Yogyakarta dan mendeskripsikan tentang langkah-langkah guru BK memberikan praktik bimbingan kelompok kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar tersebut. Tujuannya diberikan kegiatan bimbingan kelompok oleh guru BK yakni untuk mengurangi kesulitan belajar siswa. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan belajar siswa terlihat dari kurang minat studi siswa pada studi pelajaran, kurang usaha dalam mengulangi pelajaran, dan waktu belajar yang tidak dimanfatkan dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu, untuk mengurangi kesulitan belajar tersebut guru BK berusaha untuk menggunakan langkah-langkah bimbingan kelompok kepada lima siswa yang mengalami kesulitan belajar. Adapun hasil dari analisis penelitian ini adalah bahwa dengan guru BK SMA Gadjah Mada memberikan bimbingan kelompok kepada lima siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat mengurangi kesulitan tersebut. Dimana perubahan tersebut dapat terlihat dari cara belajar, perubahan sikap sehari-hari, dan semangat belajar yang dimiliki mereka.

Kata Kunci:  bimbingan kelompok, kesulitan belajar

 

Abstract

The purpose of this research is to know the difficulties of learning forms of high school students Gadjah Mada Gondomanan, Yogyakarta and describe the steps of the BK teacher to give group guidance to students who have difficulty learning The.  The purpose of the group is to reduce learning difficulties. As for this method of research using qualitative methods of descriptive. With data collection techniques using interviews and observations. The results showed that the student learning difficulties were seen from the lack of interest in student studies on lesson studies, less effort in repeating the lesson, and the best learning time was not made possible. Therefore, to reduce learning difficulties, BK teachers strive to use group guidance steps to five students who have difficulty learning. The result of the analysis of this research is that with the teacher of BK SMA Gadjah Mada give group guidance to five students who have difficulty learning can reduce the difficulty. Where these changes can be seen from the way of learning, daily attitudes changes, and the spirit of learning they possess

 

Keywords: Group guidance, difficulties of learning


Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu dan Widodo Supriyono, 2012. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Juntika Achmad Nurihsan, 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan Bandung: Refika Aditama.

Muhaimin, 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Madrasah Dan Perguruan Tinggi, Jakrta: Rajawali Press.

Mulyadi, 2011. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Yogyakarta: Nuha Litera.

Prayitno, 2009. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Edisi Revisi, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Romlah Tatiek, 2005. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok, Malang: Universitas Negeri Malang.

Subri Alisuf, 2013. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Syah Muhibbin, 2012. Psikologi Belajar, Jakarta: RajaGrafindo.

Tim Redaksi Nuansa Aulia, 2008. Himpunan Perundang-Undangan RI Tetntang Sistem Pendidikan Nasional UU.RI No. 20 Tahun 2003, Bandung: Nuansa Aulia.

Tohirin, 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wood Derek, 2009. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar, Yogyakarta: Kata Hati.

Artikel Jurnal Internet:

Karmawan dan Supridai, 2012. “Peranan Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi SDN 2 Mengkudu, Sambas” (Jurnal Tesis, PMIS-UNTAN-PSS).

Mahmud Haris, Nurhayati Tine, 2015. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 3 Gorontalo” (Artikel Jurnal KIM Fakultas Ilmu Pendidikan).

Reza Maurus, Dampak Buruk Penggunaan Handphone di Sekolah, artikelkompasnia.com2019.

Rizki Muhammad dkk, 2014. “Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik (Studi kasus siswa kelas X TGB SMKN 1 Jakarta”, (Jurnal Edukasi Problem Peserta didik).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v3i2.6015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.