PALASTREN: Jurnal Studi Gender

PALASTREN: Jurnal Studi Gender (P-ISSN: 1979-6056; E-ISSN: 2477-5215) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali pada bulan Juni dan Desember. Palastren telah terakreditasi Perigkat dua oleh Kementerian Riset, Teknologi & Pendidikan Tinggi Melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 36/E/KPT/2019, tanggal 13 Desember 2019, yang berlaku hingga JUni  2024. 

Jurnal ini digagas sebagai diseminasi keilmuan insan akademik dalam kajian gender dan anak khususnya dalam relasi normativitas dan historisitas Nusantara baik dalam perspektif Islam maupun secara umum. Redaksi mengundang para pakar, peneliti dan akademisi untuk mengkomunikasikan hasil penelitian atau kajian mendalam sesuai disiplin ilmu yang ditekuni. Naskah dimaksud adalah asli dan belum dipublikasikan di media lain. Redaksi berhak menyeleksi naskah yang masuk dan mengeditnya tanpa menghilangkan substansi ide penulisnya.

Nama PALASTREN diambil dari sebutan sebuah ruang dalam masjid di pesisir utara Jawa yang semula hanya untuk ritual kaum perempuan saja. Adopsi PALASTREN menjadi nama jurnal diharapkan mentransformasikan relasi laki-laki dan perempuan yang seimbang perannya, sebagaimana posisi jurnal bisa diakses dan dimanfaatkan oleh siapapun tanpa memandang jenis kelamin sehingga tata kehidupan sosial yang harmonis bisa tergapai dalam berkeluarga, bermasyarakat dan berbangsa.


Journal Homepage Image

Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...