KEJADIAN KEKERASAN TERHADAP ANAK TENAGA KERJA INDONESIA DI KABUPATEN KENDAL

Evi Widowati, Widya Hary Cahyati

Abstract


Tingginya kasus Kekerasan terhadap Anak yang orangtuanya berprofesi sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Kabupaten Kendal adalah salah satu kantong TKI di Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas dua tahap yaitu pengumpulan data sekunder melalui BPPKB Kabupaten Kendal dan FGD dengan stakeholder terkait TKI di Kabupaten Kendal. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa faktor yang paling dominan berhubungan dengan kejadian kekerasan pada anak dengan orang tua berprofesi TKI adalah faktor pendapatan dan jenis pekerjaan. Pendapatan yang cukup tinggi, yang tidak diimbangi dengan pengetahuan dan kemampuan pengelolaan keuangan yang baik untuk anak dan keluarganya. Jenis pekerjaan TKI memiliki dampak negatif pada pola asuh anak, terutama karena tidak mampu memberikan pendampingan yang adekuat kepada anak-anak mereka dari pengaruh pergaulan lingkungan dan juga pengaruh tekhnologi informasi (TI).

Keywords


Anak, kekerasan, TKI.

References


Armalis, 2008, Hubungan Kekerasan Fisik dan Kekerasan Emosional Terhadap Kesehatan Jiwa Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 09 Berok Kecamatan Padang Barat Kota Padang (Skripsi), Padang: Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.

Fiqi, N, 2014, Hubungan kekerasan emosional dan kekerasan fisik orang tua dengan konsep diri pada remaja di SMP N 35 Padang (Skripsi), Unuversitas Andalas.

Gubernur Jawa Tengah, 2013, Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 7 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Semarang: Pemerintah Daerah Jawa Tengah.

Hartanto, 2009, Hubungan Perilaku Kekerasan pada Anak dalam Keluarga dengan Prestasi Belajar Anak Kelas III-VI SD,Jurnal Keperawatan: Universitas Jendral Soedirman.

Ikawati, Agustin., 2013, Jurnal Kekerasan Ibu Single Parent Terhadap Anak. http://psikologi.ub.ac.id/wpcontent/uploads/2013/10/Jurnal-Kekerasan-IbuSingle parent-Terhadap-Anak-by-Agustin-Ikawati.pdf.

Iqbal, M., 2011. Hubungan antara Self-esteem dan Religiusitas Terhadap Reseliensi pada Remaja di Yayasan Himmata (Skripsi), UIN. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/4356/1/Muhammad %20Iqbal-FPS.PDF.

Itayanti, 2014, Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Harga Diri Remaja di Banjar Pengenderan Kedongan-Kuta. Jurnal Keperawatan.

Gubernur Jawa Tengah, 2013, Survey Terhadap Kekerasan Anak (SKTA) tahun 2013, Jakarta: Kemensos RI.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia, 2013, Penelitian KPAI tahun 2012 di 9 Provinsi di Indonesia tentang Kekerasan terhadap Anak.

Mackowlez, J., 2013, Verbal Abuse in Upbringing as The Cause of Low Self-esteem in Children. Euoropean Scientific Journal, Vol 2.

Muhith, Abdul., 2015, Pendidikan Keperawatan Jiwa Teori dan Aplikasi. Yogyakarta

Munawati, 2011, Hubungan Verbal Abuse dengan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Prasekolah di RW 04 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Depok (Skripsi), -1 Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Program Studi Ilmu Keperawatan: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Noh, C.H.C & Talaat, W.I.A.W., 2012, Verbal Abuse on Children : Does It Amount to Child Abuse under the Malaysian Law?,Asian Social Science, Vol 8 (6).

Putri, Annora Mentari., Santoso, Agus., 2012, Persepsi Orang Tua tentang Kekerasan Verbal pada Anak. Jurnal Nursing Studies, 1(1): 22-29.

Suchi, Era., 2015, Hubungan Kekerasan Verbal Orang Tua Terhadap Konsep Diri Anak SDN 03 Purus Padang tahun 2015 (Skripsi), Universitas Andalas, Padang.

Suharto, Edi., 2015, Kekerasan Terhadap Anak Respon Pekerja Sosial. Kawistara, 5 (1): 47 – 56.

Unicef, 2014, Studi tentang Kekerasan terhadap anak di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah tahun 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v12i1.3149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PALASTREN Jurnal Studi Gender

Creative Commons License
Palastren : Jurnal Studi Gender by Pusat Studi Gender STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.