MODEL ADAPTASI DIRI REMAJA MELALUI KOMUNIKASI BAHASA IBU : TELAAH PSIKOLOGIS ATAS PENDIDIKAN KELUARGA DI DESA TANJUNG KARANG, KABUPATEN KUDUS, JAWA TENGAH

Muzdalifah Muzdalifah

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah menggambarkan peran ibu dalam membimbing penyesuaian diri remajadi Tanjungkarang Jati Kudus. Metode penelitian adalah metode kualitatif yang menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data.Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran perempuan (ibu) dalam penyesuaian diri remaja terletak pada pembinaan: belajar  mandiri langsung, pentingnya pendidikan, perhatian pada lawan jenis, kepatuhan pada pemerintah, panduan untuk dapat mengelola waktu,tanggung jawab dalam menggunakan uang, motivasi dalam menyelesaikan kecemasan, konflik dan frustrasi.

Kata kunci: Remaja, Adaptasi, Pendidikan Keluarga.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v8i1.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PALASTREN

Creative Commons License
Palastren : Jurnal Studi Gender by Pusat Studi Gender STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.