Open Journal Systems

Memberdayakan Anak Autis Sebagai Amanah Tuhan : Kajian Psikologi Lintas Budaya dengan Metode Client Centered

Saliyo Saliyo

Abstract

Memberdayakan  Anak Autis  Sebagai Amanah Tuhan : Kajian  Psikologi Lintas Budaya dengan Metode Client Centered

Saliyo

saliyo41876@gmail.com/saliyo@iainkudus.ac.id

Abstrak

Artikel ini ditulis bertujuan untuk mengetahui metode memberdayakan  yang tepat pada anak autis. Anak merupakan titipan Tuhan. Setiap anak terlahir tidak ada yang sama. Ada anak yang terlahir dengan sempurna secara fisik, mental. Sisi lain juga anak yang terlahir mengalami ketidaknormalan atau disabilitas. Apapun keadaan anak yang terlahir di dunia, orang tua wajib memelihara dan mendidiknya. Tujuannya sebagai bekal hidup anak tersebut kelak ketika dewasa.

Abnormalitas melintasi kajian dalam kajian psikologi lintas budaya. Ada perbedaan makna dalam suatu tempat atau Negara mendefinisikan tentang abnormalitas. Hal yang mendasari perbedaan memberikan makna pada abnormalitas adalah karena latar belakang budaya. Salah satu bagian dari abnormalitas atau disabilitas adalah anak autis. Anak autis memiliki kelebihan yang luar biasa. Di antara kelebihan tersebut adalah kecerdasannya. Sisi lain anak autis juga ada yang mengalami kecerdasan dibawah rata-rata. Untuk mencapai kehidupan yang bahagia anak autis diperlukan pendidikan. Salah satu metode yang tepat untuk memberdayakan  anak autis adalah metode client centered.

Kata-kata kunci : Autis, Psikologi Lintas Budaya, dan Client Centered.

 

Empowering  the Autistic Children In God of Amanah :  Cross-Cultural Psychology  Studies by  the Method of Client Centered

By : Saliyo

 

This article was written aims to determine the proper empower method in children with autism. A surrogate child of God. Every child was born nothing is the same. No child is born with perfect physically, mentally. The other hand also children born to experience abnormality or disability. Whatever the situation of children who are born in the world, parents are obliged to maintain and empower. The goal as the provision of the future life of the child as an adult.

 

Abnormality across studies in cross-cultural psychology studies. There is a difference of meaning in a place or state defines the abnormality. The basis of the difference gives meaning to the abnormality is due to cultural background. One part of abnormality or disability is a child with autism. An autistic child have outstanding advantages. Among these advantages is his intelligence. The other hand of autistic children also who experienced below-average intelligence. To achieve the a happy life of autistic children need education. One method is right for empowering  children with autism are client centered method.

 

Key words: Autism, Cross-Cultural, and Client Centered.

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.