Meningkatkan Kecintaan Anak pada Al Qur’an Melalui “Kebun Qur’an” (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Enterpreneur Al Mawaddah Kudus)

Rochanah Rochanah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Secara eksplisit, permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah; bagaimana upaya meningkatkan kecintaan anak pada al Qur’an melalui eduwisata kebun qur’an yang terdapat di pondok pesantren enterpreneur Mawaddah Kudus. Lokus penelitian ini adalah pondok pesantren enterpreneur al Mawaddah Kudus. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kecintaan anak pada al Qur’an melalui eduwisata kebun qur’an Mawaddah yakni dengan menyajikan berbagai buah dan tumbuhan yang disebutkan di Al Qur’an. Selain itu, anak diajak untuk membaca surat dalam al Qur’an yang menyebutkan buah, misalnya buah tin dalam surat at tin. Anak juga dijelaskan tentang manfaat yang terdapat pada masing-masing buah.  Dengan cara tersebut, diharapkan akan semakin menambah kecintaan anak pada al Qur’an.

 


Keywords


Kata Kunci: Cinta, Anak, al Qur’an, Kebun Qur’an Mawaddah.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Khadher. dkk. “Tumbuhan Bidara Dalam Al-Qur’an Dan Hadith: Analisis Terhadap Manfaatnya Berasaskan Kepada Penyelidikan Semasa”, University of Malaya, 2018.

Anisah, Ani Siti. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak”, Jurnal, Jurnal Pendidikan Universitas Garut (UNIGA) Vol 5 No 1 2011, Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut.

Departemen Agama RI. Al Qur’an Tajwid dan Terjemah. Bandung; CV. Penerbit Diponegoro, 2010.

Hakim, Rosniati. “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an”, Jurnal, Jurnal Pendidikan Karakter, Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang th IV No 2 (2014) .

Wawancara dengan Ibnu Tamyis, santri putra pondok pesantren Enterpreneur al Mawaddah Kudus, 5 Oktober 2019.

Wawancara dengan Siti Bengatun, santri putra pondok pesantren Enterpreneur al Mawaddah Kudus, 7 Oktober 2019.

Wawancara dengan Muhanifah, santri putra pondok pesantren Enterpreneur al Mawaddah Kudus, 9 Oktober 2019.

Lidyasari, Aprilia Tina. Pola Asuh Otoritatif Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak dalam Setting Keluarga PGSD FIP UNY.

Fakhri, Jamal. “Sains dan Teknologi dalam al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pembelajaran”, Jurnal, Ta’dib, vol. xv no. 01. Edisi, juni 2010, Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung.

Nisak, Khilyatun. “Keistimewaan Zaitun Dalam Perspektif Al Qur’an Dan SAINS (Analisis Penafsiran Surah Al Mukminun Ayat 20)”, Skripsi, Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.

Nurdianna, Daru. “Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Judul Program Wat Tini (Wahana Tani Tin Dan Kelinci)”, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015.

Rochanah. “Lingkungan Alam Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kekuasaan Allah Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Pondok Pesantren Al Mawaddah Kudus”, Jurnal, Elementary; Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol 6 No 1 Jan-Jun 2018.

Sada, Heru Juabdin. Konsep Pembentukan Kepribadian Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an (Surat Luqman Ayat 12-19), IAIN Raden Intan Lampung, 2015.

Setyaji, Nanang Ilham. dkk. “Efek Kandungan Buah Anggur dalam Menurunkan Tekanan Darah Penderita Hipertensi”, Jurnal, Jurnal Keperawatan Madiun Vol 3 No 1 Maret 2016, 59.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas

Zulfadli. Departemen Agama RI, Al Qur’an Tajwid Dan Terjemah, (Bandung; CV. Penerbit Diponegoro, 2010), Fakultas Ushuluddin, Filsafat Dan Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License