AKTUALISASI BUDAYA LITERASI MEMBACA DI MI MA’ARIF SALATIGA

Siti Nok Chalimah, Erna Risfaula Kusumawati

Abstract


Abstract

This study aims to describe the reading literacy activities at MI Ma’arif Hamlet Salatiga, along with obstacles in their implementation and also the short and long term plans of these activities. This research is qualitative involved teachers in the school as well as the principal. Data collection techniques used were interviews, observation and document analysis. The results of the study show that literacy activities at MI Ma’arif have been carried out for all students in grades 1 through 6. They are not only asked to read but also answer questions and also retell in an effort to encourage them to comprehend the reading comprehensively. Some obstacles are still found such as lack of reading books, lack of libraries and also the low support of parents of students. As a shortterm and long-term plan for this activity, the teacher will launch a story deposit activity to the homeroom teacher. This was done not only to train their understanding, but also to train their courage to perform in front of the class

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan literasi membaca di MI Ma’arif Dukuh Salatiga, beserta hambatan dalam pelaksanaannya dan juga rencana jangka pendek dan panjang dari kegiatan tersebut. Penelitian ini melibatkan guru di sekolah serta kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan juga analisis dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi di MI Ma’arif ini sudah dilaksanakan bagi semua peserta didik kelas 1 sampai 6. Mereka bukan hanya diminta membaca tetapi juga menjawab pertanyaan dan juga menceritakan kembali sebagai usaha untuk mendorong mereka untuk memahami bacaan secara komprehensif. Beberapa kendala masih ditemukan seperti kurangnya sumber buku bacaan, tidak adanya perpustakaan dan juga rendahnya dukungan orang tua peserta didik. Sebagai rencana jangka pendek dan panjang dari kegiatan ini, guru akan mencanangkan kegiatan setor cerita kepada wali kelas. Ini dilakukan selain untuk melatih pemahaman mereka, juga untuk melatih keberanian mereka untuk tampil di depan kelas. Penelitian ini baru karena menggunakan literasi digital yang sebelumnya hanya menggunakan literasi manual.


Keywords


Literalization Actualization; Culture of Literacy, Literacy, School Literacy Movement

Full Text:

PDF

References


Abidin Yunus, T. M. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Antasari, I. W. (2016). Dukungan orang tua dalam membangun literasi anak. Journal of Library and Information Science, Vol.6 (2).

Aziz, A. (2018). Rancangan implementasi gerakan literasi sekolah melalui perpustakaan di MIM Gandatapa Banyumas. Jurnal PUBLIS, 1.

Delgadova, E. (2015). Reading literacy as one of the most significant academic competencies for the university students. Social and Behavioral Sciences, (hal. 178).

Desyandri. (2018). Nilai-nilai kearifan lokal untuk menumbuhkembangkan literasi budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27.

Fajarwati. (2018). mplementasi program literasi sekolah di kelas rendah SD Ngoto Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 12.

Lestari, S. H. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi tahap pembiasaan dan pengembangan literasi di SD Sukorejo. Basa Taka, Vol.1 (2).

M Hilal Hidayat, I. A. (2018). Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6.

Ni Nyoman Padmadewi, L. P. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 7 (1).

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Presiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB.

Piaw, C. Y. (2016). Mastering Research Methods (2nd Edition). Malaysia: McGraw-Hill Education.

Retnaningdyah, K. L. (2018). Literacy infrastructure, acces to books, and the implementation of the school literacy movement in primary schools in Indonesia. IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng. 269012045.

Richard Murnane., I. S. (2012). Literacy challenges for the twenty century: Introducing the issue. The Future of Children, Vol. 22 (2).

Roni Choirudin, S. d. (2018). Pengaruh perpustakaan keliling terhadap minat baca di kecamatan palaran tahun 2018. Administrasi Publik, Vol. 2 (3).

Sari, I. F. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10 (1).

Saripah, L. (2017). Implementasi pelatihan kewirausahaan bagi anak putus sekolah . Jurnal AKRAB, 1.

Solehudin. (2018). Keefektifan Program Literasi Alquran di Sekolah-Sekolah Swasta Non-Agama Dalam Kerangka Penguatan Karakter (Kajian Di Jawa Barat). Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir, 2.

Yulianto, A. (2016). Literasi Alquran Bisa Dimulai dari Membaca dan Mengartikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6877

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License