Pembelajaran Thinking Actively In Social Context Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Siswa SMA

Irma Yuniar Wardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Thinking Actively in Social Contexts (TASC) pada pembelajaran Biologi SMA disertai dengan panduan model yang layak untuk meningkatkan kemampuan higher order thinking. Penelitian ini menggunakan model 4D: define, design, develop, disseminate yang dikombinasikan dengan model Borg and Gall. Tahap define meliputi analisis kurikulum, karakteristik siswa, kegiatan siswa, materi dan tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi pemilihan media, perancangan modifikasi sintaks, perancangan format panduan model, serta pembuatan produk awal. Tahap develop meliputi pengembangan model TASC disertai panduan model dengan penilaian oleh ahli dan uji pengembangan (uji coba terbatas dan uji coba lapangan). Tahap disseminate merupakan upaya penyebaran model TASC dilengkapi panduan model yang telah direvisi kepada beberapa pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TASC layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan higher order thinking siswa. Pencapaian nilai kemampuan higher order thinking mengalami peningkatan yang signifikan berdasarkan hasil pretest dan postes yang telah diuji dengan uji gain score dan uji t.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Anderson, L.W., Krathwohl, D.R., Airasian, P.W., Cruikshank, K.A., Mayer, R.E., Pintrich, P.R., Raths, J. & Wittrock, M.C. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Revisi Taksonomi Pendidikan Blook. Diterjemahkan dari: A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives, Abridged Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2014). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Balanay, C. A. S. dan RoaE. C. (2013). Assessment on Students’ Science Process Skills: A Student- Centred Approach. International Journal of Biology Education Vol. 3, Issue 1, 24-44. Brookhart, S. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD. Budiningsih, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta. Dinas Pendidikan DIY. Data Nilai Ujian Akhir Nasional SMA se-DIY Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Yogyakarta: Dinas Pendidikan DIY.

Forster, Margaret. (2004). Higher Order Thinking Skills. Research Developments, Vol. 11, Art. 1. Diakses April 2015 dari http://research.acer.edu.au/resdev/vol11/iss11/1

Istiyono, E. (2014). Pengukuran Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Peserta Didik SMA di DIY. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan. PPS Universitas. Monahan, T. (2002). The Do-it-yourself Lobotomy Open Your Mind to Greater Creative Thinking. New York: John Wiley & Sons, Inc Pardjono. (2009). Peningkatan Kemampuan Analisis, Sintesis, dan Evaluasi Melalui Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Tahun XXVIII, No. 3, 257-269.

Seeley, C. (2012). Using The TASC Wheel. Diakses 5 Desember 2013, dari http://suffolklearning.co.uk./do_download.asp?did=3758?. Sternberg, J. R dan Grigorenko E.L.. (2010). Mengajarkan Kecerdasan Sukses (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiarto, A. dan Djukri. (2015). Pembelajaran Berbasis SETS Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Pascasarjana UNY, Volume 1, Nomor 1, 1-11. Diakses April 2015 dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/4527.

TIMSS & PIRLS Internasional Study Center. (2012). TIMSS 2011 Internasional Result In Science. Boston: The TIMSS & PIRLS Internasional Study Center, Boston College. Diakses 2 Desember 2013, dari http://timss.bc.edu/timss2011/release.html. Wallace, B. dan Bentley, R. (2002). Teaching Thinking Skills Across the Middle Years. London: David Fulton Publishers. ISBN 1 85346 767 7.

Wallace, B. (2007). Thinking Actively in a Social Context. Diakses 5 Desember 2013, dari http://tascwheel.sheffieldclc.net/?page_id=289. Welsh, M., Parke, R.D., Widaman, K., & O’Neil, R. (2001). Linkages Between Children’s Social and Academic Competence: A Longitudinal Analysis. Journal of School Psychology, 39 (6), 463-481.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v1i1.3532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.