PENGEMBANGAN KOMIK MANGA BIOLOGI BERBASIS ANDROID UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DITINGKAT SMA/MA

Nukhbatul Bidayati Haka, Suhanda Suhanda

Abstract


Pada pembelajaran biologi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran serta perkembangan teknologi seperti android milik peserta didik belum dijadikan media pembelajaran. Alternatifnya dengan mengembangkan media pembelajaran komik manga digital berbasis android untuk memudahkan pemahaman materi biologi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengetahui cara pengembangan media pembelajaran komik manga digital berbasis android pada materi sistem hormon untuk kelas XI di MAN 2 Bandar Lampung yang memudahkan materi belajar biologi oleh peserta didik. 2.) Mengetahui kelayakan pengembangan media komik manga digital berbasis android pada materi sistem hormon untuk peserta didik kelas XI berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media, guru biologi, dan peserta didik. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), tahapan yang digunakan yaitu hanya sampai pada tahap ketujuh dari sepuluh tahapan. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Bandar Lampung pada peserta didik kelas XI MIA 1. Penilaian ahli materi sangat layak berpersentase 83,75%, penilaian ahli bahasa sangat layak berpersentase 93,75%, penilaian ahli media sangat layak berpersentase 85,8%. Sedangkan pada repson guru berpersentase 86,25%, dan respon peserta didik kelas XI berpersentase 82,4% di MAN 2 Bandar Lampung. Berdasarkan penilaian tersebut kualitas media pembelajaran komik manga digital pada materi sistem hormon dinyatakan dalam kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakart: Rineka Cipta. Barokah, U.S. (2014). Pengembangan Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahan Jasa untuk SMA Kelas XI. Skripsi Pendidikan. Fakultas Ekonomi UNY. Borg and Gall. (2003). Educational Research, An Introduction. New York and London : Longman Inc.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media. Riduwan. (2009). Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta. Rosmaini, S, E, & Mariani N. L, (2010). “Penerapan Pendekatan Struktual Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar”. Jurnal Pendidikan, 2010. Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta : Prenada Media Group. Sudarma, K., dkk. (2014). Pengaruh model Kooperatif Two Stay Two stray Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 No.1. Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press Suhanda. (2017). Hasil Wawancara dengan Guru Biologi Ibu Eny Supriyanti. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.