MODEL INTEGRASI MATEMATIKA DENGAN NILAI-NILAI ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Mu tijah

Abstract


ulisan ini menyajikan gagasan tentang rumusan model integrasi matematika dan kearifan lokal budaya serta model integrasi matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya yang dikembangkan melalui eksploratoris literatur. Model integrasi matematika dan kearifan lokal budaya dikembangkan atas dasar teori pembelajaran berbasis kearifan lokal. Sedangkan model integrasi matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya dikembangkan atas dasar gagasan dari teori irisan himpunan antara model integrasi matematika dan Al Quran dengan model integrasi matematika dan kearifan lokal budaya. Tulisan ini juga menyajikan gagasan rumusan metode integrasi matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya yang dikembangkan atas dasar teori metode integrasi sains dan Islam di Perguruan Tinggi Agama Islam. Model yang berhasil dikembangkan adalah model integrasi matematika dan kearifan lokal budaya yang meliputi model integrasi matematika dengan kearifan lokal budaya dan model integrasi matematika melalui kearifan lokal budaya serta berhasil dikembangkan model matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya. Adapun metode yang berhasil dikembangkan dalam model integrasi matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya adalah menjadikan Al Quran dan kearifan lokal budaya sebagai sumber ilmu matematika, memperluas kajian karakteristik matematika dalam Al Quran dan budaya lokal, menjadikan kebudayaan Islam sebagai kepustakaan matematika, dan menumbuhkan karakter pribadi ulul albab yang berkearifan lokal budaya.

Keywords


Integrasi, Nilai-Nilai Islam, Matematika, Budaya Lokal.

Full Text:

PDF

References


Abdussakir dan Rosimanidar. 2017. Model Integrasi Matematika dan Al Quran serta Praktik Pembelajarannya, Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al Quran, HMJ Pendidikan Matematika Bukittinggi, 26 April 2017.

Abdussakir. 2018. Integrating Mathematics and Religious Teachings and Values in Elementary and Secondary School, Keynote Speaker Full Paper dalam International Conference on Mathematics and Islam.

Arwanto. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis, journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/ViewFile/1493/1106.

Batubara, H.H. 2016. Metode dan Model Integrasi Sains dan Islam di Perguruan TinggiIslam. Tersedia: [online]. http://www.reserchgate.net/publication/324744404_Metode_dan_Model_Integrasi_Sains_dan_Islam_di_Perguruan_Tinggi_Islam

Bayu, D. 2012. Statistika dalam Agama Islam. Tersedia [online] https://otakngepas.blogspot.com/2012/04/pendahuluan-1.html

Fitriatien, S.R. 2016. Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Conference Paper. December 2016.

Ikhwanudin, T. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Membangun Karakter Bangsa, UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6, No 1, Maret 2018.

Indriaini, P. 2016. Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Raden Intan Lampung.

Lukluah, U. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam dan Kearifan Lokal Kelas IV MIN Bancong dan MIS Al Fatah Dimong Kabupaten Madiun. Tesis. PGMI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Maarif, S. 2015. Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika, Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 4, No.2, September 2015.

Misnasanti, Cendekia Ad Dien, dan Astuti, AD. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika di Era Post-Modern, Proceding Seminar Nasional Matematika Ahmad Dahlan, ISBN 978-979-3812-46-5.

Mohamed, M. 2001. Matematikawan Muslim Terkemuka. Jakarta: Salemba Teknika

Nasuha. 2010. Sejarah, Seni, dan Budaya Banyumas, Makalah. Tersedia [online]: http://smithnasuha.blogspot.com/2010/10/sejarah-seni-dan-budaya-banyumas.html

Nihayati. 2017. Integrasi Nilai-nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian terhadap Ayat-ayat Al Quran), Jurnal Edumath, Volume 3 No. 1, Januari 2017 Hlm. 65-77.

Putri, L.I. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah PENDIDIKAN DASAR, Vol. IV, No.1, Januari 2017.

Rianto, M. 2006. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional, Dirjend Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.

Rusman. T.th. Materi-8 Pendekatan dan Model Pembelajaran. Tersedia [online]: file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR.../PDF/Model_Pengembangan_Pembelajaran.pdf

Suwarsono. 2015. Etnomatematika (Ethnomathematics). Handout Program S2 Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma.

Tim Penyusun. 2006, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI; Pendidikan, Dirjend Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Umbara, U. 2015. Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Budaya Masyarakat dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Proceeding of ACER-N Meeting and Seminar Fakultas Pascasarjana Universitas Pasundan, Volume 1, Tahun 2015, ISSN 2407-8867.

Widyastini. 2004. Nilai-Nilai Islam dalam Kebudayaan Indonesia (Kajian Filsafat Nilai). Jurnal Filsafat, Jilid 37, Nomer 2, Fakultas Filsafat UGM.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186