Perbandingan Kualitas Tanah Di Pantai Alasdowo Kabupaten Pati Dengan Pantai Mangunharjo Kota Semarang Sebagai Media Pertumbuhan Mangrove Rhizophora sp.

ahmad shofanduri

Abstract


Pantai Alasdowo dan Pantai Mangunharjo merupakan kawasan ekosistem mangrove yang berada di kawasan pesisir pulau Jawa. Pada kedua lokasi tersebut tumbuh berbagai macam jenis mangrove, akan tetapi di kawasan Pantai Mangunharjo memiliki tingkat pertumbuhan mangrove yang lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan mangrove di Pantai Alasdowo. Perbedaan tingkat pertumbuhan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tanah di Pantai Alasdowo dan Pantai Mangunharjo. Hasil penelitian menunjukkan sifat fisik tanah yang meliputi tekstur dan warna tanah, serta sifat kimia tanah meliputi pH dan salinitas tanah pada kedua pantai berbeda tetapi masih dalam batas toleransi pertumbuhan Rhizoporasp. Perbedaan pertumbuhan mangrove pada kedua pantai tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang dalam penelitian ini tidak dikaji, misalnya aktivitas manusia di sekitar lokasi penelitian.

Kata Kunci: kualitas tanah, Rhizophorasp., sifat fisik tanah, sifat kimia tanah


Full Text:

PDF

References


Alik, T.S.D., M.R. Umar, dan D. Priosambodo. (2012). Analisis Vegetasi Mangrove di Pesisir Pantai Mara Bombang Kab. Pinrang. Makasar: Universitas Hasanudin Press.

Fachrul, Melati Ferianita. (2007). Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: Bumi Akasara.

Hanafiah, K.A. (2014). Dasar-dasar Ilmu Tanah. Jakarta: Rajawali Pers.

Hutahaean, E.E., C. Kusmana, H.R. Dewi. (1999). Studi Kemampuan Tumbuh Anakan Mangrove Jenis Rhizophora mucronata, Bruguiera gimnorrhiza, dan Avicennia marina Pada Berbagai Tingkat Salinitas. Jurnal Manajemen Hutan Tropika. 5(1): 77-85.

Kartasapoetra, A.G. (2010). Teknologi Konservasi Tanah dan Air. Jakarta: Rineka Cipta.

Ningsih, S.S. (2008). Inventarisasi Hutan Mangrove Sebagai Bagian Dari Pengelolaan Wilayah Pesisir Kabupaten Deli Serdang. Tesis. Pascasarjana Universitas Sumatra Utara.

Notodarmojo, S. (2005). Pencemaran Tanah dan Air Tanah. Bandung: Penerbit ITB.

Pariyono. (2006). Kajian Potensi Kawasan Mangrove dalam Kaitannya dengan Pengelolaan Wilayah Pantai di Desa Panggung, Bulakbaru, Tanggultlare, Kabupaten Jepara. Tesis Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Diponegoro.

Sosia, Y.P., R. Tyagita, N. Mega. (2014). Mangrove Siak dan Kepulauan Meranti. Jakarta: Energi Mega Persada.

Syah, C. (2011). Pertumbuhan tanaman bakau (Rhizophora mucronata) pada lahan restorasi mangrove di hutan lindung Angke Kapuk Provinsi DKI Jakarta. Tesis Program Pascasarjana, IPB.

Tjandra, E. dan Siagian, Y.R. (2011). Mengenal Hutan Mangrove. Bogor: Cita Insan Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v1i2.4107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.