Penggunaan Guided Teaching Dalam Mengorganisasikan Konsep Pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah

didi jamaludin

Abstract


Pembelajaran Biologi membutuhkan pemahaman konsep yang baik. Hasil observasi di MAN 1 Semarang, menunjukan ketuntasan belajar siswa klasikal pada materi sistem peredaran darah 67,5%. Pemanfaatan media pembelajaran terus diupayakan, namun  hasilnya belum memuaskan, sehingga diperlukan penelitian untuk mengetahui efektifitas metode  guided teaching dalam mengorganisasikan konsep pada pembelajaran  sistem  peredaran darah. Metode  penelitian menggunakan jenis weak eksperimental design tipe the one shot case study. Hasil penelitian diketahui bahwa rerata tingkat persentase ketuntasan kelas eksperimen  mencapai 85% dengan taraf signifikansinya 0,02 dan tingkat keaktifan belajar siswa kelas eksperimen 90,81%. Berdasarkan  hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode guided teaching dalam  mengorganisasikan  konsep efektif dapat meningkatkan  ketuntasan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa pada materi  sistem peredaran darah.

 

Kata Kunci: Guided Teaching, Organisasi Konsep, Sistem Peredaran Darah


Full Text:

PDF

References


Aini, N. D. (2015). Penerapan Metode Aktif Guided Teaching pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri B. Srikaton Tahun Pelajaran 2014/2015. Artikel, Lubuklinggau: STKIP PGRI Lubuk Linggau. Diunduh dari http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/

Anni, C.T. Rifa’i RC, A. Purwanto, E. Purnomo, D. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Aziz, Z & Jair N. (2009). Penggunaan peta konsep untuk meningkatkan pencapaian mata pelajaran sejarah bagi pelajar tingkatan dua (the use of concept maps in improving achievement in the subject of history for form two students). Jurnal Pendidikan Malaysia. 34 (1): 3–15. On line at http://www.pdfchaser.com.

Bu ll, S & Ma, Y. (2001). Raising learner awareness of language learning strategies in situations of limited resources. Interactive Learning Environments 9 (2): 171-200. On line at http:// www.ingentanconnect.com

Cothran, D.J. & Kulinna P.H. (2008). Teachers' knowledge about and use ofteaching models. Education Periodicals 65 (3): 122. On line at http://www.findarticles.com.

Djamarah, S.B & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erman. (2006). Latihan mengorganisasi konsep untuk meningkatkan kemampuan siswa berpikir konkrit memahami konsep abstrak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 13, ( 1):45-53.

Fraenkel, Jack R & Wallen, Norman E. (2007).How To Design and Evaluate Reseach in Education. Edisi 6. New York: The Mc Graw Hill Companies.

Hartono, J. (2007). Filosofi, Pendekatan dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus untuk Dosen dan Mahasiswa. Yogyakarta: Andi.

John T. dkk. (2004). Increasing Reading Comprehension and Engagement Through Concept-Oriented Reading Instruction. Journal of Educational Psychology, 96 (3): 403–423. On line at http://www.cori.umd.edu.

Kauchak, D.P & Eggen, P. (1998). Learning Teaching Reseach-Based Methode. United States of America (USA): A Viacom Company.

Nasution S. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Magliaro, S.G. Lockee, B.B. Burton. J. K. (2005). direct instruction revisited: a key model for instructional technology. Education Periodicals. 53 (4): 41. On line at http://www.pdfchaser.com.

Mulyasa, E. (2006). Kurukulum yang Disempurnakan pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rustaman, N.Y. dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurs. Pendidikan Biologi FMIPA UPI.

Silberman, M. (2009). Acive Learning 101 Strategi Pembelajarn Aktif. Bandung: Pustaka Insan Mandiri.

Sitanggang, F. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua T.A 2016/2017. Tesis. Universitas Negeri Medan. Diunduh dari http://digilib.unimed.ac.id/20525/

Soeparwoto. Hendriyani, R. & Litfiah. (2006). Psikologi Perkembangan. Semarang: Unnes press.

Suprijono, A. (2007). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wahyuni, J. L. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs N Talaok Bayang. Jurnal STKIP-PGRI Sumatera Barat. Volume 1, No 1, 1-6.

Zaini, H. (2002). Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v1i2.4109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.