Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Metakognitif

andi asyhari

Abstract


Problem-based learning (PBL) dalam pembelajaran biologidianggap sebagai salah satu desain pembelajaran innovatif kontekstual, karena mendorong siswa belajar biologi dari masalah-masalah (kasus) nyata yang dijumpai disekeliling kita, dan melatih siswa menjadi pembelajar reflektif (metakognitif). Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) Penerapan pembelajaran biologi berbasis PBL terhadap kemampuan metakognitif siswa, 2) seberapa efektif pengaruh pembelajaran biologi berbasis PBL terhadap kemampuan metakognitif. Penelitian dilakukan di SMA N 01 pecangaan, dengan sampel 33 siswa kelas XI IPA. Desainpenelitian yang digunakanadalah One group single pre-test–post test. Hasil data dianalisis menggunakan uji uji paired simple t-test. Dimana hasil kemampuan metakognitif di peroleh dari hasil angket metakognisi MAI (Metacognition Awareness Inventory). Data hasil penerapan pembelajaran PBL terhadap kemampuan metkognif rata-rata memperoleh penilaian positif dari siswa sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan pembelajaran PBL berhasil dilaksanakan dengan baik. Data kemampuan metakognitif mengalami peningkatan sebelum dan sesudah perlakuan sebesar 0,36 (sedang). Peningkatan kemampuan metakognitif tertinggi di dapati dari aspek perencanaan yaitu 0,42 (sedang), dan hasil sebaliknya didapat dari aspek kemampuan metakognitif dalam hal pelaksanaan yang hanya mendapat 0,29 (rendah). Dari hasil analisis data pre-test dan post-test yang di analiasis menggunakan uji paired simple t-test didapati t tabel (Pada a = 5% dengan db = 33-1 = 32 diperoleh t(0.95)(32)) didapati sebesar 2,04. Oleh karena t hitung (19, 34)  > t tabel (2,04) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata antara pembelajaran biologi berbasis PBL terhadap kemampuan metakognitif siswa, atau boleh dikatakan bahwa pembelajaran PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa.

 

Kata kunci: Metakognitif. Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Arends, R. 2012.Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill Companies

Budi, S,M., Abdurrahman.& Viyanti. 2013. Pengaruh Keterampilan Metakognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 1, No 5

Biryukov, P. 2004. Metacognitive Aspects Of Solving Combinatorics Problems Beer-Sheva. Kaye College OfEducation Beer-Sheva.

Damirel, M., & Belma, A. T. 2010. The Effects Of Problem Based Learning On Achievement, Attitude, Metacognitive Awareness And Motivation. Hacettepe Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi. Journal of Education. Volume 38

Daud, M. 2013. Deskripsi Kesadaran Metakognitif Siswa Dan Guru Pada Pembelajaran Biologi. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo

Darma,D,P. 2012. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Metakognitif Berpendekatan Pemecahan Masalah Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Bagi Siswa Smp Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol 1, No 1

Downing, K .2010. Problem-based learning and the development of metacognition. As. J. Education & Learning. Convenor, Institutional Analysis Group. Hong Kong Volume 1 No. 2

Delisle, R. 2002. How to use problem-based learning in the classroom.online. tersedia: http://www.ascd.org/readingroom/books/delisle97book.htm

Jonassen,D. 2000.Toward a DesignTheory of ProblemSolvingTo Appear in Educational Technologi: Research and Developement. Educational Technology Research and Development .Volume 48, No 4

Livingston., & Jennifer. A (1997). Metacognition: An Overview. Online.Tersedia:http://gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.html. Di akses (20 Mei 2016)

Pannen, Paulina,2001. Cakrawala Pendidikan. Jakarta.Universitas Terbuka

Sastrawati, E. 2011. ProblemBased Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Universitas Jambi. Jambi

Tosun, C & Erdal, S. 2013. The Effects Of Problem-Based Learning On Metacognitive Awareness And Attitudes Toward Chemistry Of Prospective Teachers With Different Academic Backgrounds. Bartin University Turkey. Australian Journal of Teacher Education.Volume 38 | Issue 3 Article 4.

Wulandari, N.,Sjarkawi.,& Damris , M. 2011. Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Unifersitas jambi. Jurnal Pedagogi. Volume 1 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v1i2.4111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.