PENINGKATAN LITERASI SAINTIFIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Adib Rifqi Setiawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan peningkatan kompetensi literasi saintifik siswa setelah diterapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi topik plantae dan animalia di sekolah menengah. Melalui penelitian menggunakan desain time series diperoleh bahwa peningkatan di kategori sedang dengan nilai sebesar 0,663.


Keywords


literasi saintifik, pendekatan saintifik, pembelajaran biologi, plantae, animalia

Full Text:

PDF

References


Cronbach, Lee J. (1951). Coefficient alpha and the internal structure of tests. Psychometrika, 16: 297–334.

Dinata, Anita Nurlela. (2018). the influence of field trip on high school student's scientific literacy and attitude towards science in ecosystem concept. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1): 8-13.

Fatimah, Fitri Mur, & Anggrisia, Nur Fitria. (2019). The effectiveness of 7e learning model to improve scientific literacy. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 277: 18-22.

Fraenkel, Jack R. & Wallen, Norman E. (2009). How to design and evaluate research in education (7th ed.). New York. McGraw-Hill Companies.

Hake, Richard R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1): 64─74.

Nurohmah, Eva Fauziah. (2015). Efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa smp. Skripsi. Diterbitkan. Diakses melalui http://bit.ly/2TCEDc9 pada 5 Maret 2019 pukul 22:30.

OECD. (2013). Pisa 2015 draft science framework march 2013. Paris: OECD.

Setiawan, Adib Rifqi. (2017). Penerapan pendekatan saintifik untuk melatihkan literasi saintifik dalam domain kompetensi pada topik gerak lurus di sekolah menengah pertama. Skripsi. Diterbitkan. Diakses melalui http://bit.ly/2I9NjOn pada 5 Maret 2019 pukul 22:30.

Suwarma, Irma Rahma. (2012). Science education development in Indonesia: curriculum changes from 1947 – 2010, a way to improve education quality in indonesia. JSSE National Seminar, 29-31 August 2012.

Wahyuni, Sri. (2018). Implementasi pendekatan sainstifik pada pelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sains siswa kelas xi-ipa sma negeri 2 lambandia, kab. kolaka timur- sultra. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2): 47-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.