ANALISIS TINGKAT KESADARAN LINGKUNGAN PADA MAHASISWA TADRIS IPA DALAM MENGAPLIKASIKAN PEMBELAJARAN TENTANG PAPERLESS DI IAIN SALATIGA

Aufi Millatuzzuhriyah, hayi Qoidatur Rofiah, Anggun Zuhaida

Abstract


Saat ini lingkungan sudah menunjukkan banyak kerusakan, utamanya hutan. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tindakan manusia sebagai pengguna. Seperti halnya pembakaran hutan, pertambangan, penebangan secara liar, dan bahkan tindakan sepele yang seringkali kita abaikan sebenarnya sangat memberikan efek buruk bagi lingkungan jika terus menerus kita lakukan seperti penggunaan kertas (termasuk tissue) yang bebas dan berlebihan. Mahasiswa khususnya mahasiswa Tadris IPA yang diharapkan dapat menjadi pelopor utamanya dalam menjaga kelestarian alam ini, dan menjadi subjek sekaligus tolok ukur dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran mahasiswa Tadris IPA pada lingkungan khususnya dalam mengaplikasikan pembelajaran tentang paperless di IAIN Salatiga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis yang digunakan dengan bantuan instrument berupa lembar refleksi yang diberikan kepada 22 mahasiswa Jurusan Tadris IPA FTIK IAIN Salatiga yang diambil secara acak dari semester 3, semester 5, dan semester 7 Tahun Ajaran 2018/2019. Dari data yang didapatkan, tingkat kesadaran lingkungan pada mahasiswa Tadris IPA dalam mengaplikasikan pembelajaran tentang paperless masih tergolong rendah dengan persentase nilai rata-rata yaitu 41,8%. Hal ini disebabkan oleh berbagai aspek termasuk diantaranya adalah pola hidup mahasiswa baik didalam maupun diluar kelas. Sehingga kedepannya diharapkan mahasiswa Tadris IPA sebagai pelopor konservasi lingkungan melalui pembelajaran IPA dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan pada mahasiswa Tadris IPA IAIN Salatiga.


Keywords


Kesadaran Lingkungan, Pembelajaran IPA, Paperless

Full Text:

PDF

References


Ardhana, I Putu Gede. 2010. Konservasi Keanekaragaman Hayati pada Kegiatan Pertambangan di Kawasan Hutan di Indonesia. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. Vol. 15, No. 2.

Asdiqoh, Siti. 2002. Pendidikan Islam dan Pelestarian Lingkungan: Telaah Konseptual dan Strategi Implementasi di Madrasah. Bunga Rampai. Madrasah & Pelestarian Lingkungan Sumbangan Konseptual dan Strategi Aksi. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Daniel, Valerina. 2009. Easy Green Living. Jakarta: Hikmah.

Maslikhah. 2014. Kearifan Lingkungan Melalui Upaya Paperless Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga. Salatiga: STAIN Salatiga.

Mulyana, Deden dan Budhi Wahyu Fitriadi. 2013. Implementasi Paperless dalam Proses Belajar Mengajar (PBM). Siliwangi: Universitas Siliwangi.

Pane, Mugty Magda. 2013. Gambaran Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa Binus Ditinjau dari Tingkat Kesadaran Lingkungan. Humaniora. Vol. 4, No. 2.

Ramdhani, Neila. 2011. Kajian Psikologi Mengenai Komunikasi Berbasis Paperless Office. Jurnal Psikologi. Vol. 38, No. 2. Hal 115-133.

Runnels, Judith. 2013. Tablet PCs in a Paperless Classroom: Student and Teacher Perceptions on Screen Size. The jalt calljournal. Vol. 9, No.3 Pages 275– 285.

Shah, Seema dan Mohit Tiwari. 2010. Networking of Paperless Offices in Technical Institutes of India. Computer Science and Network Security. Vol.10, No.3.

Subkiman, Anwar. 2017. Kajian Teori Integral dalam Efektifitas Transformasi Kesadaran Lingkungan pada Bangunan Berkelanjutan. Jurnal Rekayasa Hijau. Vol.2, No. 1.

Sudarsono dan Nasruddin Anshoriy. 2008. Kearifan Lingkungan dalam Perspektif Budaya Jawa. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.