Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta

Prawidya Lestari

Abstract


STUDENUDENUDENUDENTS CHARACTERER BUILDINUILDINUILDINUILDINUILDINUILDING THROUGH HIDDEN CURRICULUM CURRICULUM , IN TRACURRICULER , AND EXTRACURRICUL AR ACTIVITY (Study In Sd Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta) This article aimed to know how the SD Budi Mulia dua Pandeansari character education concept, how the implementation of character education through the hidden curriculum extracurricular, and intracurriculer activities, supporting factor and resistance from thWe implementation. This research is a field research. In the form of qualitative research that is analytically descriptive. The results of the study showed that: First, the concept of character education in SD Budi Mulia Dua Pandeansari on the fact of the matter into the hidden curriculum that is based on the vision, mission, and eight learning base. Second, implementation of character education in SD Budi Mulia Dua Pandeansari realized through extracurricular and intracurriculer activities, and school culture. In intracurriculer activities and extracurricular activities there are hidden curriculum that the verbal curriculum or written curriculum.

Keywords


Hidden Curriculum; Character; Intracurriculer; Extracurriculer

References


Akbar, Sa’dun, “Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar”, Disampaikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar Sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Dasar pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM, Kamis, 8 Juni 2011.

Ancok, Djamaludin, Psikologi Islam: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Chatib, Munif, Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara, Bandung: Kaifa, 2012.

_________, Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia, Bandung: Kaifa, 2009.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Endarmoko, Eko, Tesaurus Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Furchan, Arif, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Surabaya: Usaha Nasional, 1992.

_________, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Gie, The Liang, Cara Belajar yang Efisien, Yogyakarta: Liberty, 1995.

Hamalik, Oemar, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito, 2005.

Hasan, Said Hamid, “Kurikulum Berbasis Kompetensi Berdasarkan SK Mendiknas 232/U/2000 dan Alternatif Pemecahannya”, Seminar Nasional di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 11 Mei 2002.

Hidayat, Otib Satibi, Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama, Jakarta: Universitas Terbuka, 2005.

Hidayatullah, Furqon, Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa, Solo: UNS Press, 2010.

Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Kementrian Pendidikan Nasional, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Kemendiknas, 2011.

Kesuma, Chandra, dkk., Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Khan, Shafique Ali, Filsafat Pendidikan al-Ghazali, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Koesuma A., Doni, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo, 2010.

Lickona, Thomas, Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, USA: Batam Book, 1991.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Mas’udi, Asy, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Tiga Serangkai, 2000.

Moloeng, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Muchith, M. Saekan, “Problem Keilmuan Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Penelitian, Volume 9, Nomor 2, Agustus 2015.

Mulyadi, Classroom Management, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Rohiat, Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik, Bandung: Rafika Aditama, 2010.

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis, Cet. Ke-2, Jakarta: Kencana, 2003.

Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Cet. Ke-1, Jakarta: Kencana, 2008.

_________, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Prenada Media, 2005.

Saylor, dkk., Curriculum Planning for Better Teaching and Learning, Japan: Holt, Rinehart, and Winston, 1981.

Siregar, Maragustam, “Mengukir Manusia Berkarakter Kuat-Positif Sebagai Modal Bersahabat dengan Budaya Global”, Disampaikan di Hadapan Rapat Senat Terbuka dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 23 Oktober 2012.

Subari, Supervisi Pendidikan dalam Rangka Perbaikan Situasi Belajar, Jakarta: Bina Aksara,1994.

Sudarto, Metode Penelitian Filsafat, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1996.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. 2010.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: P2LPTK Ditjen Dikti Depdiknas, 1988.

Suryobroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan, Yogyakarta: Kota Kembang, 2008.

Tillman, Diane, Living Values Activities for Young Adults: Pendidikan Nilai untuk Kaum Dewasa-Muda, Jakarta: Grasindo Persada, 2004.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo, Pengantar Pendidikan, Cet. Ke-2, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.