Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Thaharah

Risa Umamah, Hani Shalihatun, Sigit Purnomo, Septina Nur`aini, Rizki Ramadhasari

Abstract


Abstrack

A learning done in school requires improvement or renewal that can help the learning process become interesting and not monotonous, because students need a pleasant learning atmosphere that can be easy in understanding the material delivered by educators according to the discussion of existing learning. through this innovative learning strategy the learning atmosphere becomes fun and is able to make students more motivated in learning. This paper explains or provides an overview of the innovative learning style in tharahah learning, this innovative learning includes unclean, hadast (large, medium, small) and ablution procedures, tayamum, and large baths. Thaharah learning with innovative learning strategies by using games, displaying videos and practices that make students better understand what they are learning and increase interest in learning.

 

Abstrak

Sebuah pembelajaran yang dilakukan di sekolah membutuhkan perbaikan atau pembaharuan yang dapat membantu proses pembelajaran menjadi menarik dan tidak monoton, karena peserta didik membutuhkan suasana pembelajaran menyenangkan yang dapat mudah dalam memahami materi yang disampaikan pendidik sesuai pembahasan pembelajaran yang ada. melalui strategi pembelajaran inovatif inilah suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan mampu membuat peserta didik lebih termotivasi dalam belajar. Tulisan ini menjelaskan atau memberikan gambaran tentang stratrengi pembelajaran inovatif dalam pembelajaran tharahah, pembelajaran inovatif ini mencakup najis, hadast (besar, sedang, kecil) serta tatacara wudlu, tayamum, dan mandi besar. Pembelajaran thaharah dengan strategi pembelajaran inovatif dengan menggunakan game, menampilkan video dan praktik yang membuat peserta didik semakin paham apa yang dipelajarinya dan meningkatkan minat dalam belajar.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ansori.Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Role Play Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.jurnal pendidikan agama islam edureligia. Vol 2, No.1, Januari-Juni 2018.

Burhanuddin, Muh azhar.Tata Kelola Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) DI SMA PONDOK PESANTREN IMMIM MAKASSAR. Jurnal Idarah, Vol 1. No.1 Juni 2017

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Saefudin, udin. 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung: ALVABETA.

Darmawan, deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Insan, Kasyadi. Pendidikan Fiqih SMA/SMK Muhammadiyah.Jakarta: Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Juni 2017

Mulyono. 2006. Keefektifan metode problem based learning dalam pembelajaran fiqih di perguruan tinggi. Bandung. Jurnal studi keislaman volume 2, nomor 2 ,

Diyanti asmayani, model pembelajaran inquiry dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Negeri Tinggi empat lawang, Ta’dib, vol. XIX, No. 01 edisi Juni 2014

Vega vitianingsih, Anik, Game Edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini, Jurnal INFORM Vol 1., No. 1, (2016) ISSN:2502-3470




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i1.4645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.