PEMANFAATAN GAME MONOPOLI AYO MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEGEMARAN MENGAJI AL-QUR'AN

Zaenal Arifin

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan kegiatan mengaji Al-Qur’an di Masjid Al-Mustofa Sukobubuk Margorejo Pati, 2) mengetahui penggunaan media game monopoli ayo mengaji dalam kegiatan mengaji Al-Qur’an di Masjid Al-Mustofa Sukobubuk Margorejo Pati, dan 3) mengetahui kegemaran siswa yang mengaji al-Qur’an dengan menggunakan media monopoli Ayo Mengaji di Masjid Al-Mustofa Sukobubuk Margorejo Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber primernya adalah guru mengaji, ta’mir masjid dan para santri. Sedangkan sumber sekundernya dalah orangtua santri dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan  wawancara observasi  dan dokumentasi. Teknik  pengolahan  dan  analisis data kualitatif menggunakan  3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) pengambilan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran mengaji al-Qur’an di Masjid al-Mustofa yaitu pengenalan huruf hija’iyah, cara bacanya, penyambungannya, tajwid dan gharib menggunakan kitab Yanbu’a (susunan yayasan Arwaniyah Kudus) yang terdiri dari 7 jilid. 2) Penggunaan media monopoli Ayo Mengaji dalam belajar mengaji merupakan terobosan dalam penggunaan metode yang bervariasi dalam belajar mengaji, sehingga siswa tidak merasa bosan dan selalu semangat dalam belajar. Pelaksanaannya disesuaikan dengan permainan monopoli hanya saja materinya disesuaikan dengan materi belajar al-Qur’an. 3) Peserta didik yang mengikuti kegiatan mengaji menggunakan media monopoli cenderung sangat antusias, senang dan merasa tidak bosan. Hal ini dapat dilihat pada kehadiran peserta didik dan antusiasme mereka dalam mengikuti kegiatan mengaji. Mereka secara bersama-sama bekerja sama dan saling mengingatkan untuk menjawab perintah yang mereka dapatkan dari kartu umum.

 


Keywords


media, game monopoli, mengaji

References


Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya

Salinan SK Bupati Nomor 2 Tahun 2013 tentang Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji di Kabupaten Kampar.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2007

Imran, Ali, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Pustaka Jaya, 1996

Riyana, Cepi, Media Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI, 2012.

Shihab, M Quraish, Membumikan Al-Qur’an Fugsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Jakarta, Mizan Publika, 1994.

Tim Penyusun, Pedoman Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji (Gemmar Mengaji), Jakarta, Direktorat Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, 2014.

Ulin Nuha Arwani, dkk., Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal al-Qur’an, Kudus, Yayasan Arwaniyyah, tth.

Internet

Republika, “Lebak Jalankan Program Mengaji”, 2016, diakses tanggal 13 Maret 2018. http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/16/03/10/o3tj3e313-lebak-jalankan-program-magrib-mengaji

Wawancara

Subhan (ustadz), Wawancana oleh Zaenal Arifin, IAIN Kudus, tanggal 13 Oktober 2018.

Angga, dkk (Santri), Wawancara oleh Zaenal Arifin, IAIN Kudus, tanggal 15 Oktober 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i2.6239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.