Pendekatan Konservatif dalam Pendidikan Islam (Kajian Teori Al Muhafidz Al-Ghazâli dalam Pendidikan Islam)

Mochamad Nasichin Al Muiz, Muhammad Miftah

Abstract


Watak Pendidikan Islam yang dinamis menjadi satu alasan bahwa pemikiran terhadapnya senantiasa memerlukan terobosan baru. Banyak di antara para pemikir Pendidikan Islam yang berijtihad dalam merumuskan pendidikan yang ideal, termasuk dalam menentukan sistem, kurikulum, metode, pendekatan dan lain sebagainya. Salah satu aliran pendidikan Islam menurut Muhammad Jawwad Ridla adalah Aliran Religius-Konservatif (al diny al muhafidz), dengan tokohnya al-Ghazali. Konsep dasar dalam pendidikan Islam adalah upaya transformasi nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam, yakni berdasar pada Al-Qur’an dan As-Sunah termasuk ijtihad dalam pelaksanaanya. Secara umum sistem pendidikan Islam mempunyai karakter religious, maka pendidikan yang benar menurut al-Ghazali adalah pendidikan dijadikan sebagai sarana dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan pendidikan yang mampu mengantarkan pada kebahagiaan di dunia dan akhirat. Maka kemudian, epistimologi pemikiran pendidikan al-Ghazali adalah berorientasi pada sumber ilmu dan bagaimana cara mendapatkannya, sekaligus penentuan kesesuaian kurikulum dan metode pendidikannya terhadap peserta didik dan perkembangan jaman.


Keywords


Pendekatan konservatif, sistem pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Aini, Rofiqotul, “Ideologi Pendidikan Islam di Tengah Ideologi Pendidikan Konservatif dan Liberal”, Edukasia Islamika, Volume 2, Nomor 2 (Desember 2017).

Al Muiz, Mochamad Nasichin, Pengembangan Sistem Pendidikan Pesantren: Telaah Terhadap Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Blitar. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2019.

Ali, Yunasril, Perkembangan Pemikiran Falsafi dalam Islam, Jakarta. Bumi Aksara, 1991.

Assegaf, Abd. Rachman, Filsafat Pendidikan Islam; Paradigma Baru Pendidikan Hadlari Berbasis Integratif-Interkonektif, Depok: Rajawali Pers, 2017.

_________, Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Hadlarah Keilmuan Tokoh Klasik sampai Modern, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Dananjaya, Utomo, Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa, 2010.

Gunawan, Heri, Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Hidayati, Wiji, “Aliran Pemikiran Pendidikan Islam Religius Konservatif dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam Telaah Pemikiran Al Ghazali”, Jurnal Ilmiah pendidikan SINTESA, Volume 3, Nomor 1, (Juli 2013).

Khan, Shafique Ali, Filsafat Pendidikan al Ghazali: gagasan Konsep Teori dan Filsafat al Ghazali mengenai Pendidikan, Pengetahuan dan Belajar, Terj. Sape’i, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Miftah, Muhammad, ”Model Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Nasional”, Jurnal Penelitian, Volume 14, Nomor 2, (2017).

Mu’arif, Liberalisme Pendidikan, Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2008.

Nasution, Hasyimiyah, Filsafat Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.

Nata, Abudin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Nisrokha, “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Komparatif Pemikiran al-Ghazâli dan Ibnu Maskawaih)”, Jurnal Madaniyah, Volume 1, Edisi XII (Januari 2017).

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

O’neill, William F., Ideologi-Ideologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2002.

Putra, Ary Antony, “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazâli”, Jurnal Al-Thoriqah, Volume 1, Nomor 1, (Juni 2016).

Rahman, Arif, Politik Ideologi Pendidikan, Yogyakarta: Laksbang Mediatama, 2009.

Ridha, Muhammad Jawwad, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis-Filosofis, Terj. Mahmud Arif, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.

Salahuddin, Anas, Filsafat Pendidika, Bandung: CV Pustaka Setia. 2011.

Salim, Ahmad, “Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan Islam pada Manajemen Pendidikan Islam”, LITERASI, Volume VI, Nomor 1, (Juni 2014).

Soyomukti, Nurani, Teori-teori Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Syadani, Ahmad, Filsafat Umum, Bandung. Pustaka Setia, 1997.

Tharaba, M. Fahim, Filsafat Pendidikan Islam: Idealitas Pendidikan Islam, Malang: CV. Dream Litera Buana, 2015.

Ulum, M. Miftahul, “Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Ghazâli dan relevansinya dengan Arah dan Tujuan Pendidikan Nasional di Indonesia”, At-Ta’dib, Volume 4, Nomor 2 (Sya’ban 1429 H)

Zhar, Muhammad, Filsafat Politik: Perbandingan antara Islam dan Barat, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v14i1.6993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.