ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR MEREK HONDA JENIS SKUTERMATIC

Tina Martini

Abstract


ANALYSIS OF   PRICE EFFECT,   PRODUCTS   AND DE-SIGN QUALITIES   TO BUYING DECISIONS of HONDA SKUTERMATIC  MOTORCYCLES. This research is a field of  research and using a quantitative approach. While the sample in this study is that consumers / users of motorcycle of  Honda skutermatic by distributing questionnaires as much as 75 respondents. Sampling used techniques sampling insidenta. The analytical method used is multiple linear regression method and using t - test with a significance level a = 5%. Results from this study show that first: the price has an influence on the purchase decisions of  Honda types of skutermatic vehicles on public from the kudus District, it is proved by  t- test to show the price t is greater than t table (4,140> 1,992) with 75 df  and probability value of  0.000 is below the 5% level of significance. Secondly, the quality has a negative influence on purchasing decisions and it is evidenced by the results of  the t value of  1.157 and t table amounted to 1.992, so the t-count is smaller than t-table (1.157 <1.992) of  df  75 with a P value of  0.251. And third, the design has an influence on the purchase decisions of  Honda types of skutermatic vehicles in Kudus society. This is evidenced from the t test results showing that for the design of t is greater than t table (3.073>1.992), while the value of  the P value of  0.003 which is above 5% Alpha.

Keywords: Price, Quality, Design, Purchase Decision.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian field reserch dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen/pemakai kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic dengan menyebarkan kuesioner sebanyak

75 responden.  Pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling insidenta.  Metode  analisis  yang  digunakan  adalah  metode  regresi linier berganda dan menggunakan uji – t dengan taraf  signifikansi a = 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: harga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic pada masyarakat Kabupaten Kudus dibuktikan dari hasil uji- t untuk harga menunjukan t hitung lebih besar dari nilai t tabel (4,140 > 1,992) dengan df 75 dan nilai probabilitas sebesar 0.000 yaitu berada dibawah 5% dari tingkat signifikan. Kedua, kualitas mempunyai pengaruh negatif  terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan hasil nilai t hitung sebesar

1,157 dan t tabel sebesar 1,992, sehingga t-hitung lebih kecil dari t-tabel (1,157 < 1,992) dari df  75  dengan nilai P value 0,251. Dan yang ketiga, desain mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic pada masyarakat Kabupaten Kudus. Ini dibuktikan dari hasil uji t yaitu untuk desain menunjukan t   hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,073 > 1,992), sedangkan nilai P value 0,003 yang berada diatas Alpha 5%.

Kata Kunci : Harga, Kualitas, Desain, Keputusan Pembelian



Full Text:

PDF

References


Domodor Gujarati, Ekonomitrika Dasar, Jakarta: Erlangga, 1999. Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset,

Gaspert, Vincent, Total Quality Management (TQM), Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2001

Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, UNDIP Press, Semarang, 2001.

Gitosudarmo, Indrio, Manajemen Pemasaran, BPFE, Jogjakarta,

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan

Implementasi Dan Kontrol”, Jilid 1, Jakarta, PT. Prehalindo,

Sodik, Nur, “Analisis Keberhasilan Persepsi Konsumen Pada Negara Asal Terhadap Konsumen di Kota Surakarta Tahun 2003)”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 4, No. 1, Mei 2004 Surakarta, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Cet. 1, Bandung: Alfabeta,

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,

Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Swastha, Basu dan Handoko, Hani, Manajemen Pemasaran: Analisa

Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE, 2000.

, & Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberti, 2003.

Stanton, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta : Gramedia

Pustaka Utama dan Jakarta Business Research Center, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v9i1.854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian



Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.