Open Journal Systems

KETERAMPILAN KOMUNIKASI KONSELING BERBASIS AYAT ALQUR’AN DALAM LAYANAN KONSELING SUFISTIK

Ali Rachman, Muhammad Andri Setiawan

Abstract

Tulisan ini akan membahas tentang keterampilan komunikasi konseling berbasis ayat Alqur’an sebagai solusi alternatif praktis dalam konseling sufistik. Selama ini dalam proses konseling terjadi hambatan komunikasi karena adanya kecemasan komunikasi disebabkan moral judgment antara konselor dengan konseli yang ditengarai karena adanya konseli menghindari memberi informasi yang bisa menimbulkan kritik, atau penilaian buruk terhadap pribadinya. Khusus tentang pelaksanaan konseling melalui pendekatan Islam dapat dilakukan dengan menggunakan ayat Alqur’an sebagai dasar pelaksanaan komunikasi konseling sufistik. Hasil dari pembahasan ini adalah sebagai berikut: 1) Gambaran dimensi ‘al-maqamat’ dan ‘al-ahwal’ dalam proses konseling merupakan dimensi manusia mencapai fitrah yang terdiri dari taubat, wara,’zuhud, sabar, qana’ah, ridha, tawakal, ikhlas, muqarabah, muraqabah, khawf dan rajā,’maḥabbah dan ma’rifah. Melalui pisau bedah analisis menggunakan model Skilled Helper yang digagas oleh Gerad Egan pada tataran tertentu dapat digunakan sebagai proses keterampilan komunikasi konseling berdimensi ‘al-maqamat’ dan ‘al-ahwal.’ 2) Keterampilan komunikasi konseling yang digunakan berdasarkan ayat Alqur’an  keterampilan komunikasi konseling sufistik untuk mencapai ‘al-maqamat’ dan ‘al-ahwal’ adalah surah Al-Furqaan ayat 63, An-Nisa ayat 46, Al-Baqarah ayat 155, An-Nahl ayat 125 dan Ali Imran ayat 159.

Keywords


keterampilan komunikasi konseling, kecemasan komunikasi, moral judgment, al-maqamat, al-ahwal

References


Alqur’an

Ahmad, Karyono Ibnu dan Muhammad Andri Setiawan. 2013. Bimbingan dan Konseling Pendekatan Qur’ani Jilid 2 Konseling. Bandung: CV. Nurani Press.

Ahmad, Karyono Ibnu. 2016. “Membangun SDM yang Berkarakter dan Berbudaya Bangsa Berbasis Religius melalui Bimbingan dan Konseling.” Makalah dalam Konvensi Nasional BK XIX ABKIN, Banjarmasin, 20-21 Mei 2016.

Ancok, Djamaludin dan Fuat Nashori Suroso. 2004. Psikologi Islam: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andalusi, Al-Ibn Hazm. 2014. Buku Saku Psikologi Akhlak: Agar Hidup Bijaksana dan Lebih Bahagia. Terjemahan Zaimul Am. Jakarta: Zaman.

Anwar, Zainul. 2014. Praktik Konseling. Malang: UMM Press.

Asrori. 2012. Pengembangan Program Keterampilan Konseling untuk Meningkatkan Efektifitas Konseling Individual Para Guru Bimbingan dan Konseling. Disertasi Doktor pada SPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Basuki, Untung Joko. 2013. Psikoterapi Islam Melalui Metode Sufistik Mengatasi Gangguan Kejiwaan. Laporan Penelitian Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Carkhuff, Robert R. 2008. The Art of Helping. Ninth Edition. Amherst, MA: Possibilities Publishing, Inc.

Corey, Gerald. 2005.Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemahan E. Koeswara. Bandung: Refika Aditama.

Egan, Gerard. 2010. The Skilled Helper a Problem-Management and Opportunity-Development Approach to Helping. Ninth Edition. Belmont, CA: Brooks/Cole.

Harapan, Edi dan Syarwani Ahmad. 2014. Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ja’far. 2016. Gerbang Tasawuf: Dimensi Teoritis dan Praktis Ajaran Kaum Sufi. Medan: Perdana Publishing.

Lesmana, Jeanette Murad. 2006. Dasar-dasar Konseling. Jakarta: UIP.

Manan, Nuraini A. 2012. “Seni Ala Sufi dalam Pendekatan Diri kepada Tuhan dan Implikasinya dalam Psikoterapi Islam.” Jurnal Substantia, Vol. 14, No. 2, Oktober 2012, halaman 251-262.

Manthei, Robert. 1997. Counselling The Skills of Finding Solutions to Problems. London and New York: Routledge.

Najati, Muhammad ‘Utsman. 2005. Psikologi Nabi: Membangun Pesona Diri dengan Ajaran Nabi. Terjemahan Hedi Fajar. Bandung: Pustaka Hidayah.

Nisa, Wardah. 2015. Analisis Keterampilan Attending Calon Konselor dalam Membangun Rapport dengan Konseli (Penelitian pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta pada Mata Kuliah Praktikum Konseling Individual). Tesis pada Magister SPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Norbaiti. 2012. Konsep Konseling menurut Ilmu Tasawuf. Skripsi Sarjana pada Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari. Banjarmasin: tidak diterbitkan.

Nur Aini, Siti. 2015. Konsep Sufi Healing Menurut M. Amin Syukur dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Skripsi pada Sarjana Sosial Islam Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang: Tidak diterbitkan.

Ridwan. 2014. Bimbingan Berlandaskan Neo-Sufisme untuk Mengembangkan Perilaku Arif (Suatu Ikhtiar Pemaduan Pendekatan Idiografik dan Nomotetik terhadap Orang Arif dan Mahasiswa). Disertasi Doktor pada SPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Setiawan, Muhammad Andri. 2013. Penerapan Keterampilan Konseling oleh Guru BK SMA Berdasarkan Model Skilled Helper (Studi Pendekatan Kualitatif terhadap Guru BK SMA Berlatar Belakang Suku Banjar Pahuluan Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Tesis pada Magister SPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Suherman dan Nandang Budiman [Penyunting]. 2011. Pendidikan dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Bandung: UPI Press.

Syukur, M. Amin. 2012. “Sufi Healing: Terapi dalam Literatur Tasawuf.” Jurnal Walisongo, Vol. 20, No. 2, November 2012, halaman 391-412.

Taufiq, Muhammad Izzuddin. 2006. Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam. Terjemahan Sari Narulita. Jakarta: Gema Insani.

Willis, Sofyan S. 2011. Konseling Individual: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/kr.v8i1.2236

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam