Open Journal Systems

TERAPI SUFISTIK UNTUK PENYEMBUHAN GANGGUAN MENTAL DAN MEWUJUDKAN PRIBADI YANG SEHAT

Ahmad Zaini

Abstract

Setiap individu berharap memiliki kesehatan mental dan pribadi yang sehat. Ia ingin jasmani dan rohani dalam keadaan seimbang, tidak mengalami masalah yang berarti. Di era yang serba modern ini, muncul beragam masalah yang menghantui masing-masing individu, sehingga ia membutuhkan solusi atas masalah yang menimpanya. Terapi/konseling sufistik merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk membantu seseorang yang mengalami gangguan mental dan pribadi yang sakit. Terapi sufistik meliputi tiga hal, yaitu: takhalli (mengosongkan diri dari sifat-sifat tercela), tahalli (menghiasi diri dengan sifat-sifat terpuji) dan tajalli (kenyataan Tuhan). Ketiga tahapan terapi apabila dilalui dengan berkesinambungan diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap individu yang mengalami gangguan mental.

 

Keywords


terapi, sufistik, kesehatan mental, pribadi yang sehat

References


Hamdani Bakran Adz-Dzaky. 2006. Konseling & Psikoterapi Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Iin Tri Rahayu. 2009. Psikoterapi: Perspektif Islam & Psikologi Kontemporer. Malang: UIN-Malang Press.

Abdul Hayat. 2016. Konsep Konseling Berdasarkan Ayat-ayat Al-Qur`an (Jilid II). Yogyakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara.

Muhammad Utsman Najati. 2005. Psikologi dalam Al-Quran (Terapi Qur`ani dalam Penyembuhan Gangguan Jiwa). Diterjemahkan oleh M. Zaka Al-Farisi dari Al-Quran wa Ilmun Nafsi. Bandung: CV. Pustaka Setia.

________________________. 2003. Psikologi dalam Tinjauan Hadits saw. Diterjemahkan oleh Wawan Djunaedi Soffandi dari al-Hadiitsun Nabawy wa ‘Ilmun-Nafs, Jakarta: Mustaqiim.

Tamami HAG. 2011. Psikologi Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Dadang Hawari. 2015. Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa Perspektif al-Quran dan as-Sunnah, Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Penyusun. 2002. Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve.

Jalaluddin. 2012. Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers.

Ibrahim bin Abdillah al-Hazimi. 2000. Hakikat Taubat. Diterjemahkan oleh Abd. Bashid Abd Aziz dari at-Taaibuuna Ilallah. Jakarta: Pustaka Azzam.

Yunasril Ali. 2012. Buku Induk Rahasia dan Makna Ibadah. Jakarta: Zaman.

M. Abdul Qadir Abu Faris. 2005. Menyucikan Jiwa. Diterjemahkan oleh Habiburrahman Saerozi dari Tazkiyatun Nafs. Jakarta: Gema Insani.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/kr.v8i1.2598

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.