Peran Orang Tua dalam Pemahaman Etika Sosial Anak

Siti Asdiqoh

Abstract


Abstract: THE ROLE OF PARENTS IN THE CHILDREN’S SOCIAL ETHICS
UNDERSTANDING. Many parents have difficulty in understanding the
behavior of their children who often seem illogical and incompatible with
healthy feelings. This article tries to describe the roles and approaches
parents make in shaping child behavior. To understand children, foster
physical life, moral development, social development, and personality
development, parents are required to have knowledge about their
behavior. Child social development is strongly influenced by the process of
treatment or guidance of parents to children in introducing various
aspects of social life, or norms of community life and encourage and give
an example to their children how to apply these norms in everyday life.
Parents who want to change their child's behavior first make a change in
him. When parents have successfully adopted a positive approach to
encourage children, there will be significant improvements in the behavior
of their children, so that they will develop self-confidence, responsibility,
cooperation, and independence in their children.

Abstrak: Banyak orang tua mengalami kesulitan dalam memahami
perilaku anak-anaknya yang seringkali terlihat tidak logis dan tidak
sesuai dengan perasaan sehat. Artikel ini mencoba mendeskripsikan
peran dan pendekatan yang dilakukan orang tua dalam membentuk
perilaku anak. Untuk memahami anak, membina kehidupan jasmaniah,
perkembangan moral, perkembangan sosial, dan perkembangan
kepribadian, orang tua dituntut memiliki pengetahuan tentang perilaku
mereka. Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh proses
perlakuan atau bimbingan orang tua terhadap anak dalam mengenalkan
berbagai aspek kehidupan sosial, atau norma-norma kehidupan
bermasyarakat serta mendorong dan memberikan contoh kepada
anaknya bagaimana menerapkan norma-norma tersebut dalam
kehidupan sehari-hari. Orang tua yang ingin mengubah perilaku anaknya
pertama-tama melakukan perubahan dalam dirinya. Bilamana orang tua
berhasil menerapkan pendekatan yang bersifat mendorong anak berbuat
positif, pasti akan terjadi perbaikan-perbaikan yang berarti dalam
perilaku anak-anaknya, sehingga akan berkembang rasa percaya diri,
tanggung jawab, kooperatif, dan kemandirian dalam diri anak-anaknya.


Keywords


moral education; social; personality; discipline

Full Text:

PDF

References


Azizy, A. Qodri. 2002. Pendidikan Agama untuk Membangun Etika

Sosial. Semarang: Aneka Ilmu.

Balson, Maurice. 1996. Bagaimana Menjadi Orang Tua yang Baik.

Jakarta: Bumi Aksara.

Brouwer, M.A.W., dkk. 1989. Kepribadian dan Perubahannya.

Jakarta: Gramedia.

Dobson, James. 1996. Menjadi Orang Tua Bukan Orang-orang

Pengecut. Jakarta: HPH.

Dumadi, Sagimun Mulus. 1981. Pembentukan dan Pendidikan

Watak. Jakarta: Paramita.

Gordon, Thomas. 1994. Menjadi Orang Tua Efektif dalam Praktik.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gunarso, Ny. Singgih. 1987. Psikologi Anak Bermasalah. Jakarta:

Gunung Mulia.

Koswara, E. 1991. Teori-teori Kepribadian. Bandung: Eresco.

Leish, John Mc. 1986. Behaviorisme Sebagai Psikologi Perilaku

Modern. Bandung: Tarsito.

Mudlor Achmad. Tt. Etika dalam Islam. Surabaya: al Ikhlas.

Padji. 1992. Meningkatkan Keterampilan Otak Anak. Bandung:

Pioner Jaya.

Pasaribu, I.L. 1984. Teori Kepribadian. Bandung: Tarsito.

Sobur, Alex. 1986. Komunikasi Orang Tua dan Anak. Bandung:

Angkasa.

Soelaeman, M.I. 2001. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung:

Alfabeta.

Spoek, Benyamin. 1991. Orang Tua Permasalahan dan Upaya

Mengatasinya. Semarang: Dahara Prize.

Suryobroto, Soemadi. 1974. Psikologi Kepribadian. Yogyakarta:

Rahe Press.

Suzuki, Shinichi. 1989. Mengembangkan Bakat Anak Sejak Lahir.

Terj. Sidha Yudiasti S. Jakarta: Gramedia.

Yotttman, John. 1997. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki

Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.

Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional