Konstruksi Pola Pembelajaran bagi Guru pada Anak-Anak Difabel dan Disabilitas Berbasis Pendidikan Parenting

Umi Khomsiyatun

Abstract


Abstract: CONSTRUCTION OF LEARNING PATTERNS FOR TEACHERS IN DIFABLES AND PARENTIING EDUCATION-BASED CHILDREN. Children basically have the same rights. The right to grow, develop, get proper education, and other rights No exception with imperfect children. Both seen from the physical and mental. In this study discussed about learning patterns for teachers for children with disabilities and disabilities. The method in this study is to use analysis descriptions. This type of research is library research with a qualitative approach. Data collection techniques in this study are library research and documentation. Data analysis techniques in this study used descriptive analysis of the construction of parenting education in children with disabilities and disabilities. So that they get a description of how the construction of parenting education for children with disabilities and sisability. From the results of this study it can be seen that the construction or pattern of parenting education for educators for children with disabilities and disabilities is four. First, large group meetings, parent conferences, parent support groups, and home visits.

 

ABSTRAK: Anak pada hakikatnya mempunyai hak yang sama. Hak untuk tumbuh, berkembang, mendapat pendidikan yang layak, dan hak-hak lainnya tidak terkecuali dengan anak-anak tidak sempurna. Baik yang dilihat dari fisik maupun mental. Dalam penelitian ini membahas mengenai konstruksi pola pembelajaran bagi guru untuk anak-anak difabel dan disabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan deskripsi analisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi pustaka (library research) dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif tentang konstruksi pendidikan parenting pada anak difabel dan disabilita. Sehingga mendapatkan suatu pendeskripsian mengenai bagaimana konstruksi pendidikan parenting untuk anak difabel dan sisabilitas. Dari hasil kajian ini dapat diketahui kontruksi atau pola pendidikan parenting bagi pendidik untuk anak yang difabel dan disabilitas yaitu ada empat. Pertama, large groups meetings, parent conferences, parent supprots groups, dan home visit.


Keywords


Children with disabilities and disability, learning patterns, parents education.

Full Text:

PDF

References


Allen, E. & Cowdery, G. 2012. The Exceptional Child: Inclusion in Early Childhood Education, Seventh Edition. United States of America: Wadsworth Cengage Learning.

Fallen, N. & Umansky, W. 1985. Young Children with Special Needs. Sydney: Charles E. Merrill Publishing Company.

IDPN Indonesia. 2009. Merangkul Perbedaan: Perangkat untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran Buku khusus 3: Mengajar Anak-anak dengan Disabilitas dalam Seting Inklusif. Indonesia: IDPN Indonesia, Arbeiter-Samariter-Bund, Handicap International, Plan International

Khomsiyatun, Umi. 2017. Kolakium Nusantara “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Permaianan Pada Anak Usia Dini.” Prosiding Internasional. Malaysia: Univeristas Teknologi Malaysia (UTM).

Putriyani, Mayora. 2016. Layanan Program Parenting Dalam Pendidikan Inklusif Di Paud Inklusi Ahsanu Amala Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Vani, dkk. 2015. Isu-Isu Kontemporer Bidang Praktek Pekerjaan Sosial, Kesejahteraan Sosial, Profesi Pekerjaan Sosial “Pengasuhan (Good Parenting) Bagi Anak dengan Disabilitas”. Semarang: Unpad Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v6i2.4043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional