Moncer; Media Untuk Menstimulus Kemampuan Mathematic AUD

Naila Fikrina Afrih Lia

Abstract


Pemberian stimulus yang tepat untuk mengoptimalkan kemampuan kognitif pada anak usia dini sangatlah penting. Oleh sebab itu seorang guru yang profesional dituntut untuk dapat merencanakan proses pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan tumbuh kembang anak. Keberhasilan dalam proses pembelajaran salah satunya didukung dengan pemilihan media belajar yang dapat mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Pemilihan media belajar pada anak usia dini lebih berorientasi untuk bermain. Hal ini sesuai karakteristik dari anak yang berada pada dunia bermain.

Keywords


moncer; media, kemampuan mathematic

Full Text:

PDF

References


Arikunto S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Arikunto, S. 2009. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Astuti, Henny Puji. 2012. Buku Ajar Perkembangan Anak Usia Dini 1. Yogyakarta: Deepublish.

Brown, J.W., Lewis, R.B dan Harcleroad, F.E 1959. A-V Instruction: Materials and Methods. New York: Mc Graw-Hill Book Company, Inc

Bennerstedt, Ulrika. 2012. “How gamers manage aggression: Situating skillsin collaborative computer games”. International Society of the Learning Sciences.

Damayanti, Ayu Dutika. 2009. Toys for Kids Kiat Memilih Mainan Untuk Anak . Yogyakarta : Curvaksara.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Devianti, Ayunita. 2013. Panduan Lengkap Mencerdaskan Otak Anak Usia 1-16 Tahun. Yogyakarta: Araska.

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press

Fathurrohman, M., Hepsi, N., & Ilmiyati, R., 2008. “Mengembangkan Board Game Labirin Matematika Bagi Siswa Kelas Rendah Guna Menghindari Mind In Choes Terhadap Matematika”. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika. (2): 209- 228.

Ginsburg, H. P., Joon, S. L., & Judi, S. B., 2008. “Mathematics Education for Young Children: What It is and How to Promote It”. The Society for Research in Child Development. 22: 3-23.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. 2002. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc

Hernawan, A.H, Badru, Z, Cucu E. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Heruman, 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : Rosda Karya

Heuvel, M. V. D., dan Panhuizen. 2003. “The Didactical Use of Models in Realistic Mathematics Education: An Example From A Longitudinal Trajectory On Percentage”. Educational Studies in Mathematic. 54: 9-35

Hurlock, Elizabeth B. 2010. Perkembangan Anak Jilid 2. Terjemahan Med. Meitasari Tjandrasa.Jakarta:Erlangga.

Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.

Khasanah, Ismatul. 2013. “Pembelajaran Logika Matematika Anak Usia Dini (Usia 4-5 tahun) di TK Ikal Bulog Jakarta Timur”. Jurnal Penelitian PAUDIA. 2 (1): 14-33.

Koop, A.P., dan Petra Scherer. 2012. “Early Childhood Mathematics Teaching and Learning”. Journal Math Didakt. 33: 175-179.

Linder, S.M., Costello, B.P., & Stegelin, D.A. 2011. “Mathematics in Early Childhood: Reasearch-Based Rationale and Practical Stategies”. Early Childhood Educ J. 39 : 29-37.

Maimunah Hasan, 2009, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Yogyakarta: DIVA Press.

Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maryani. 2010. “Meletakkan Dasar-Dasar Pengalaman Konsep Matematika melalui Permainan Praktis di Kelompok Bermain”. Jurnal Pendidikan Penabur. 9 (15): 1-11.

Masitoh dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : PT. Rhineka Cipta.

Montolalu, dkk. 2007. Bermain dan Permainan Anak . Jakarta: Universitas Terbuka

Nurmainis. “Peningkatan Pengenalan Konsep Angka Melalui Permainan Kalender di Taman Kanak-Kanak Islam Silaturahim Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pesona PAUD.1.(1):1-13

Paimin, Joula Ekaningsih. 1998. Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Rohmitawati. 2007. Matematika Pertamaku: Mengasah Kecerdasan Matematika Logis Anak Sejak Usia Dini. Yogyakarta: LIMAS Edisi. 18, Juni 2007. PPPPTK Matematika.

Sadiman, A.S. 1986. Media pendidikan: pengeratian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: CV. Rajawali

Santrock, John W. 2011. Masa Perkembangan Anak Edisi 11. Terjemahan Verawaty Pakpahan, Wahyu Anugraheni. Jakarta : Salemba Humanika

Sejarah Monopoli.http://id.wikipedia.org/wiki/Monopoli_%28permainan%29 (Diunduh pada 6 Desember 2014)

Stabler, R., et.al., 2013. “Play-Based Mathematics in Kindergarten. A Video Analysis of Children’s Mathematical Behaviour While Playing a Board Game in Small Groups. Journal Math Didakt. 34: 149-175.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: penerbit Tarsito

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana dan Rivai Ahmad. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Y. N., dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : Indeks.

Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT. Pustaka Insan Madani.

Sukmadinata, N. S, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya.

Syamsiatin, E. Sujiono, Y.N., dkk. 2005. Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Syuriana. 2013. “Keterampilan Guru Memotivasi dalam Pengenalan Konsep Matematika Permulaan Menggunakan Metode Bermain TK Pertiwi Pontianak”. Skripsi: Universitas Tanjungpura Pontianak.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Zaranis, N., Kalogiannakis, M. & Papadakis, S. 2013. “Using Mobile Device for Teaching Realistic Mathematics in Kindergarten Education”. Creative Education. 4.(7A1): 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional